Tiba, Vaksin COVID-19 Disimpan di Ruang Dingin Dinkes Sulsel

Vaksin belum langsung didistribusikan ke kabupaten/kota

Makassar, IDN Times - Vaksin COVID-19 produksi Sinovac yang dikirim PT Bio Farma tiba di Sulawesi Selatan. Vaksin yang dikemas dalam 16 koli itu tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Selasa, (5/1/2021), pukul 04.14 WITA.

Vaksin dikirim dengan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6196 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Vaksin dikemas dalam dua paket, yang masing-masing berisi 7 koli atau 255.5 kg serta 9 koli atau 328.5 kg. 

Baca Juga: Sulsel Terima 66.640 Dosis Vaksin Sinovac, Diagendakan Tiba Hari Ini

1. Vaksin disimpan di Kantor Dinkes Sulsel

Tiba, Vaksin COVID-19 Disimpan di Ruang Dingin Dinkes SulselVaksin COVID-19 tiba di Sulsel, Selasa (5/1/2021). Dokumentasi Polda

Setelah tiba di Bandara Hasanuddin, paket vaksin COVID-19 diserahkan dari perwakilan Bio Farma Oki Suprayogi kepada Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Muhammad Ichsan Mustari.

Dari bandara, vaksin dibawa ke Kantor Dikes Sulsel, di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, dengan kendaraan boks es.

Penerimaan vaksin dipantau langsung Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam, General Manager PT. Angkasa Pura I Makassar Wahyudi, dan Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Sultan Hasanuddin Letkol Pom Nicolas Sinaga.

2. Vaksin disimpan di ruang dingin sebelum didistribusikan

Tiba, Vaksin COVID-19 Disimpan di Ruang Dingin Dinkes SulselIlustrasi vaksin. Dok. Antara Foto

Sebelumnya, Ichsan menyebut semua vaksin COVID-19 akan disimpan di ruang dingin Kantor Dinkes Sulsel sembari menungggu didistribusikan. Kelak, vaksin didistribusikan serentak ke 24 kabupaten/kota.

Di setiap daerah, penyimpanan vaksin menggunakan kulkas berukuran besar. "Tidak perlu cold room kalau di kabupaten," ucapnya.

3. Sulsel dapat jatah 66.640 dosis vaksin

Tiba, Vaksin COVID-19 Disimpan di Ruang Dingin Dinkes SulselIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk tahap awal, Sulsel mendapatkan jatah 66.640 dosis vaksin Sinovac. Vaksin dikirim secara bertahap. Hari ini, yang datang sejumlah 30 ribu dosis.

Dinas Kesehatan Sulsel menantikan kiriman vaksin berikutnya, sebelum mulai mendistribusikannya ke seluruh daerah pada 12 Januari 2021.

Vaksinasi di Sulsel rencananya dimulai pada 14 Januari 2021 mendatang. Tenaga kesehatan menjadi prioritas utama sebagai penerima vaksin sebab mereka merupakan pihak paling berpotensi terpapar.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Sulsel Dimulai 14 Januari 2021

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya