Temui PLN, Danny Pomanto: Warga Menangis karena Pemadaman Listrik 

Temui PLN, Danny Pomanto: Masyarakat Menangis Karena Pemada

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto akhirnya menyambangi Kantor PLN UID Sulselrabar di Jalan Letjen Hertasning, Senin (13/11/2023). Hal ini menyusul maraknya pemadaman listrik selama puncak musim kemarau.

Dalam lawatannya ini, Danny diajak ke control center PLN untuk melihat langsung kondisi kelistrikan di Kota Makassar. Namun dalam kesempatan ini, Danny menyampaikan uneg-uneg dan keluh kesah warga yang terdampak pemadaman listrik di Makassar setiap hari.

"Saya banyak ditelepon orang yang menangis, ada pengusaha printer, rusak semua alatnya, dia menangis bagaiman saya mau makan Pak Wali," kata Danny di hadapan para pejabat PLN.

1. Danny singgung soal kebakaran akibat korsleting

Temui PLN, Danny Pomanto: Warga Menangis karena Pemadaman Listrik Kondisi bangunan sekolah SMP Negeri 8 Makassar usai kebakaran, Selasa (31/10/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Kerugian masyarakat bukan hanya soal materi. Dampak tidak langsung pemadaman listrik di Makassar ini, bahkan telah menelan korban jiwa.

Danny menyentil kembali peristiwa kebakaran beberapa waktu lalu. Sebut saja kebakaran di Jalan Baji Gau yang menelan 2 korban jiwa. Kebakaran terjadi dipicu oleh kabel yang meleleh.

Kemudian kebakaran di SMP 8 yang terjadi karena korsleting pada kipas angin. Kipas angin itu lupa dimatikan saat pemadaman listrik sehingga mengakibatkan korsleting yang memicu kebakaran.

"Kami secara pelayan publik melihat sudah ada tiga korban jiwa, saya tidak menuduh PLN tapi akibat langsung dan tidak langsung akibat listrik," kata Danny.

2. Danny paparkan soal kontradiksi

Temui PLN, Danny Pomanto: Warga Menangis karena Pemadaman Listrik Ilustrasi mati lampu (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Menurut Danny, pemadaman listrik ini kontras dengan tagline Makassar Kota Dunia. Bagaimana mungkin Makassar bisa menjadi kota dunia jika setiap hari ada pemadaman listrik.

Untuk itu, dia mewakili 1,5 juta warga Makassar menyampaikan perasaan dan keluhan itu. Danny juga mewakili perasaan masyarakat yang taat bayar listrik. Ketika ada satu hari tidak bayar listrik, maka aliran listriknya langsung diputus.

"Dalam hal ini, PLN tidak terima alasan saat warga tidak bayar listrik, sehingga perasaan yang sama juga masyarakat tidak terima alasan kenapa listrik tidak ada," kata Danny.

3. PLN jelaskan kondisi kelistrikan

Temui PLN, Danny Pomanto: Warga Menangis karena Pemadaman Listrik Petugas PLN melakukan kunjungan ke rumah pelanggan untuk memberikan pelayanan (dok. PLN)

Sementara itu, GM PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin, menjelaskan bahwa kondisi kelistrikan saat ini dipengaruhi musim kemarau panjang. Namun dia mengatakan bahwa kondisi ini mulai pulih sejak diterapkan TMC (teknologi modifikasi cuaca).

"Mulai kemarin sudah mulai normal tapi saya sudah sampaikan ke Pak Wali dan jajaran bahwa kita masih dalam posisi siaga. Artinya kalau kami normal betul pada saat nanti service margin kami punya 30 persen baru kami bisa dibilang normal," katanya.

Meski demikian, pemadaman listrik tetap menjadi opsi untuk saat ini. Estimasi pemadaman listrik tetap 4 jam.

"Jadi gini, saya bilang ke Pak Wali skenario kami tetap buat pengumuman per 4 jam. Hari ini pun kami punya skenario padam. Namun karena kondisi pembangkit yang cukup kita gak padam," katanya.

Baca Juga: Jadwal Pemadaman Listrik Makassar Hari Ini Minggu 12 November 2023

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya