Tagline Andalan Warisan Sudirman Hilang dari Logo HUT ke-354 Sulsel

HUT ke-354 Sulsel diperingati hari ini, 19 Oktober 2023

Makassar, IDN Times - Rapat paripurna peringatan HUT ke-354 Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung di gedung DPRD Sulsel, hari ini, Kamis (19/10/2023). Rapat paripurna  dipimpin oleh Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.

Rapat paripurna ini dihadiri oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin. Selain itu, dihadiri pula oleh seluruh anggota Forkopimda, para pejabat lingkup Pemprov Sulsel, para bupati dan wali kota dari 24 kabupaten/kota serta perwakilan parpol.

Rapat paripurna dimulai sekitar pukul 10.00 WITA. Rapat ini berlangsung khidmat dengan iringan lagu Indonesia Raya dan Hening Cipta.

"Tanggal 19 Oktober setiap tahunnya kita peringati sebagai HUT Sulsel," kata Andi Ina dalam sambutanya.

Baca Juga: HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan Indonesia

1. Logo dan tagline yang berubah

Tagline Andalan Warisan Sudirman Hilang dari Logo HUT ke-354 SulselLogo HUT ke-354 Sulsel. (Dok. Pemprov Sulsel)

Perayaan HUT ke-354 Sulsel ini telah disiapkan jauh sebelumnya. Beberapa bulan yang lalu, panitia persiapan HUT telah memperkenalkan logo dan tagline. Namun pada rapat paripurna ini, logo dan tagline itu berubah.

Huruf pada logo yang baru masih mengambil karakter yang menyerupai huruf Lontara. Huruf Lontara sendiri merupakan huruf asli yang digunakan oleh suku Bugis dan Makassar, salah satu suku terbesar di Sulawesi Selatan.

Angka 354 secara keseluruhan menggambarkan usia Sulsel yang telah mencapai 354 tahun. Angka ini berubah warna dari yang sebelumnya berwana biru gelap kini menjadi merah dan putih.

2. Angka 345 mengambil dari ciri khas Sulsel

Tagline Andalan Warisan Sudirman Hilang dari Logo HUT ke-354 SulselRapat paripurna peringatan HUT ke-354 Sulawesi Selatan di DPRD Sulsel, Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Sultan Rakib, selaku Kabid Aplikasi dan Informatika Diskominfo Sulsel, sekaligus orang yang merancang logo itu, menjelaskan bahwa angka 3 pertama menggambarkan wisata Karst Rammang-Rammang yang secara resmi tahun 2023 ini masuk dalam Geopark UNESCO.

Angka 5 menggambarkan meliuknya Rel Kereta Api di Sulsel. Jalur kereta api di Sulsel menghubungkan Parepare dan Makassar menjadi sebuah moda transportasi baru di Sulsel yang akan menopang akselerasi pertumbuhan ekonomi. Kemudian,

"Angka 4 di akhir adalah menggambarkan layar phinisi sebagai perahu legendaris para pelaut ulung Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar di Sulsel," kata Sultan.

3. Kata 'Andalan' hilang dari tema

Tagline Andalan Warisan Sudirman Hilang dari Logo HUT ke-354 SulselLogo HUT ke-354 Sulawesi Selatan tahun 2023 warisan era Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang diubah. (Dok. Istimewa)

Kemudian, tema HUT ke-354 Sulsel juga berubah. Awalnya, HUT Sulsel mengusung tema 'Sulsel Andalan Indonesia'. Tema ini dicetuskan pada bulan Juli lalu di masa pemerintahan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Saat ini, tema yang diusung di era pemerintahan Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin yaitu 'Era Baru Sulawesi Selatan Menuju Indonesia Maju,". Tema dan logo baru ini diumumkan secara resmi hanya dua hari sebelum rapat paripurna yaitu 17 Oktober 2023 lalu.

Dengan kata lain, istilah 'Andalan' pada tema sebelumnya kini sudah tidak dipakai dan diganti dengan tema baru.

"Tema ini di bawah kepemimpinan Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memiliki semangat baru dan energi baru dalam mewujudkan Provinsi Sulsel sebagai pilar utama dalam menopang pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia Maju," kata Kepala Bidang Humas Dinas Kominfo SP, Sulsel, Erlan Triska.

Baca Juga: Bahtiar Minta Bantuan Tokoh Agama Cegah Politik Identitas di Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya