Sudah 599 Jenazah Dimakamkan sesuai Protokol COVID-19 di Macanda Gowa

Pemprov Sulsel sediakan pekuburan khusus COVID-19 di Macanda

Makassar, IDN Times - Selama pandemik virus corona, jumlah jenazah yang dimakamkan sesuai protokol penanganan korban COVID-19 di Sulawesi Selatan sudah mencapai 599.

Dari total 599 jenazah itu, sebanyak 362 laki-laki dan 237 jenazah perempuan. Hal itu diungkapkan oleh Kasubbag Humas Polres Gowa,  AKP. M. Tambunan melalui pernyataan tertulisnya.

"Total jumlah jenazah tersebut diterima dari perwira pengendali pengamanan pada Sabtu sore pukul 17.35 WITA," katanya.

1. Aparat terus melakukan pengamanan di lokasi pemakaman

Sudah 599 Jenazah Dimakamkan sesuai Protokol COVID-19 di Macanda GowaIlustrasi pemakaman. ANTARA FOTO/FB Anggoro

Kawasan pekuburan khusus jenazah COVID-19 terletak di Jalan Teratai Indah, Macanda, Kabupaten Gowa. Lokasi itu disediakan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel.

Pemprov sengaja menunjuk lokasi pekuburan khusus untuk jenazah yang dimakamkan secara protokol COVID-19. Hall ini dikarenakan, di awal-awal masa pandemik terjadi penolakan dari warga sekitar tempat pemakaman umum.

"Hingga kini personel Polres Gowa terus melakukan pengamanan bersama TNI dan Satpol PP di lokasi pemakaman," kata Tambunan lagi.

2. Masyarakat diminta menjaga kesehatan

Sudah 599 Jenazah Dimakamkan sesuai Protokol COVID-19 di Macanda GowaSuasana Pandemik COVID-19 di Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Dengan bertambahnya jumlah jenazah yang dimakamkan, dia menekankan seluruh masyarakat Sulsel, khususnya Kabupaten Gowa, untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Agar penyebaran virus corona dapat kita minimalisir secara bersama," kata dia.

Baca Juga: Polda Sulsel Selidiki Dugaan Pidana Legislator Jamin Jenazah COVID-19

3. Kasus meninggal positif COVID-19 Sulsel mencapai 447 orang

Sudah 599 Jenazah Dimakamkan sesuai Protokol COVID-19 di Macanda GowaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga Minggu (25/10/2020), Gugus Tugas COVID-19 Sulsel mencatat 17.893 total kasus terkonfirmasi positif. dari jumlah itu, 447 orang meninggal dunia dan 15.564 orang dinyatakan sembuh. 

Dari total kasus tersebut, 1.882 merupakan kasus konfirmasi aktif dengan rincian 1.310 asimtomatik (tanpa gejala) dan 572 simptomatik (bergejala). 

Selain itu, masih ada 1.021 kasus suspek follow up dari total 11.339 kasus. Selanjutnya, kasus probable follow up sebanyak 15 kasus dari total 237 kasus. Dari total kasus probable ini, sebanyak 222 di antaranya meninggal dunia. 

Baca Juga: Penambahan Kasus COVID-19 di Sulsel Menurun Drastis

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya