Siswa SMA Negeri 21 Makassar Wakili Sulsel di Paskibraka Nasional 

Segera berangkat ke Jakarta untuk karantina

Makassar, IDN Times - Siswa SMA Negeri 21 Makassar, Agusaryanto, terpilih menjadi anggota Paskibraka Tingkat Nasional mewakili Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia akan mewakili ikut mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Negara 17 Agustus 2023 nanti.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kota Makassar, Annas Sudirman, mengatakan ada dua pelajar asal Makassar terpilih ke tingkat nasional mewakili Sulsel. Namun siswa satunya merupakan cadangan, yakni Andi Rania Falisha Anandaarwien.

"Putra dan putri tapi yang putra memang statusnya yang lulus. Sedangkan yang putri adalah untuk cadangan," kata Annas saat diwawancarai IDN Times, Jumat (7/7/2023).

1. Empat pelajar diusulkan provinsi

Siswa SMA Negeri 21 Makassar Wakili Sulsel di Paskibraka Nasional (Ilustrasi Paskibraka) ANTARA FOTO/Siswowidodo

Ada 4 pelajar yang diusulkan oleh Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk putra yaitu Agusaryanto (Makassar) dan M. Aliong Tarimus (Pangkep) sebagai cadangan. Sementara untuk putri diwakili Stevia Azalia Saranga (Tana Toraja) dan Andi Rania Falisha Anandaarwien (Makassar) sebagai cadangan.

Mereka sudah pasti terpilih mewakili Sulsel untuk paskibraka tingkat nasional. Namun, kata Annas, siswa cadangan tidak diberangkatkan ke pusat kecuali jika yang bersangkutan berhalangan untuk hadir.

"Misalnya putri dari tana Toraja ada halangan, barulah yang berstatus cadangan dari Makassar ini bisa diberangkatkan ke tingkat nasional. Untuk sementara masih berstatus lulus di tingkat provinsi sekaligus menjadi cadangan untuk putri," kata Annas.

2. Bakal mejalani karantina di Jakarta

Siswa SMA Negeri 21 Makassar Wakili Sulsel di Paskibraka Nasional Dok.IDN Times/istimewa

Setiap tahun, masing-masing provinsi memang mengirimkan dua orang pelajar putra dan putri untuk menjadi paskibraka di tingkat nasional. Setiap perwakilan harus disiapkan cadangan jikalau tiba-tiba mendadak berhalangan.

Annas menyampaikan bahwa ada 461 orang peserta yang mendaftar melalui sistem online yang dinilai langsung Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Selanjutnya, Agusaryanto bersama Stevia akan berangkat ke Jakarta untuk dikarantina.

"15 Juli sudah diberangkatkan untuk prosesi karantina tingkat nasional," katanya.

Baca Juga: 35000 Calon Siswa SMA Mendaftar PPDB Sulsel Jalur Zonasi

3. Wali Kota Makassar berharap para pelajar fokus

Siswa SMA Negeri 21 Makassar Wakili Sulsel di Paskibraka Nasional Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku bangga karena ada perwakilan dari Makassar yang lolos ke tingkat nasional. Danny juga telah menerima kedatangan mereka di kediamannya di Jalan Amirullah, Makassar, Kamis 6 Juli 2023.

"Paskibraka itu orang pilihan karena membawa nama baik daerah dan sekolah. Tapi saat lulus di tingkat provinsi atau nasional kita membawa nama baik daerah masing-masing," kata Danny.

Dia juga meminta seluruh anggota Paskibraka baik di tingkat nasional dan provinsi untuk tetap fokus agar bisa menjalankan tugas dengan baik. Termasuk menitip pesan agar selalu bersikap tawaddu dan profesional dalam menjalankan tugas sehingga membawa nama harum Kota Makassar.

"Kita harus fokus. Paskibraka itu intinya adalah fokus sehingga membuat kita lebih konsentrasi. Kalau kita fokus semua indra kita bekerja," ujar Danny.

Baca Juga: Disdik Sulsel Berencana Buat Materi Radikalisme untuk Smart School

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya