Sempat Terhenti, Layanan Teman Bus di Makassar Kembali Beroperasi

Terjadi perubahan rute Teman Bus di Makassar

Makassar, IDN Times - Layanan Buy The Service (BTS) Teman Bus di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kembali diaktifkan setelah sempat terhenti. Layanan ini dihentikan sementara oleh Kementerian Perhubungan pada 31 Desember 2021 lalu.

Pantauan IDN Times, terlihat beberapa unit armada Teman Bus mulai memenuhi jalan-jalan di Kota Makassar. Salah satunya unit bus di Jalan AP Pettarani yang hendak menuju Mal Panakkukang.

"Teman Bus sudah mulai beroperasi kembali sejak Minggu 16 Januari 2022 kemarin, atas permintaan Kementerian Perhubungan," kata Kepala UPT Transportasi Mamminasata, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Prayudi Syamsibar, saat diwawancarai IDN Times via telepon, Senin (17/1/2022).

1. Dihentikan karena evaluasi administrasi

Sempat Terhenti, Layanan Teman Bus di Makassar Kembali BeroperasiSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menghentikan sementara operasional Teman Bus di lima kota, termasuk Makassar. Kota lainnya yaitu Banjarmasin, Banyumas, Surabaya dan Bandung. Alasannya, Teman Bus di daerah-daerah tersebut perlu dievaluasi.

"Kemarin istirahat beroperasi karena betul-betul evaluasi administrasi, terkait pengadaan barang dan jasa. Makanya sudah selesai proses pengadaan barang dan jasanya di kementerian, jalan lagi," kata Prayudi.

Setelah dievaluasi, kata Prayudi, operator tetap pihak ketiga dalam hal ini Borlindo. Sedangkan manajamen pengelolaannya juga masih PT Surveyor Indonesia. 

"Jadi pemerintah daerah dalam hal ini Dishub provinsi dan Dishub kota fungsinya sebagai monitoring dan memfasilitasi sesuai dengan kewenangan jalan," kata Prayudi.

2. Ada perubahan pada rute

Sempat Terhenti, Layanan Teman Bus di Makassar Kembali BeroperasiTeman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Prayudi menjelaskan, tak ada perbedaan berarti sebelum dan sesudah dievaluasi. Hanya saja, menurutnya, ada perubahan pada rute seperti di Koridor 2, yaitu koridor dari Bandara Sultan Hasanuddin-Mal Panakkukang.

"Sebelum beroperasi, perbedaannya paling di rute dan koridor saja. Ada beberapa rute yang disesuaikan. Terus ada beberapa koridor juga yang disesuaikan. Itu saja. Layanan dan segala macam tidak ada perubahan" katanya.

Koridor 2 ini, Prayudi menjelaskan, merupakan yang paling banyak diprotes sopir angkutan kota karena rutenya yang beririsan. Setelah dievaluasi, koridor 2 tetap jalan dengan perubahan rute, di mana sopir meminta supaya Teman Bus tidak melewati semua Jalan Perintis Kemerdekaan.

"Mereka minta supaya lewat lingkar barat Tallasa City. Kami coba akomodir sambil melihat perkembangan. Jadi langsung ke Tallasa City, pinggir tol, masuk bandara. Begitu juga sebaliknya," katanya.

Baca Juga: Sering Didemo, Teman Bus di Makassar Stop Operasi Sementara

3. Masih belum dikenakan tarif

Sempat Terhenti, Layanan Teman Bus di Makassar Kembali BeroperasiSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Meski sempat vakum dan beroperasi kembali, Teman Bus di Makassar rupanya belum dikenakan tarif. Bus masih akan mengangkut penumpang secara gratis. 

Prayudi mengatakan, pihaknya belum menerima informasi sama sekali terkait pemberlakuan tarif. Dishub Sulsel hanya menunggu informasi dari Kementerian Perhubungan dalam waktu dekat.

"Kami belum tahu kapan pastinya. Karena itu semua dari kementerian. Karena ini saja operasi sampai tanggal 16 (Januari) keputusan kementerian. Tarifnya berapa rupiah juga belum tahu," kata Prayudi.

Baca Juga: Teman Bus di Makassar Kembali Berhenti Beroperasi Sementara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya