Semarak Upacara HUT ke-78 RI di Kantor Gubernur Sulsel

Upacara berlangsung secara khidmat

Makassar, IDN Times - Upacara pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung di seluruh penjuru Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memusatkan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Ke-78 RI di rumah jabatan gubernur, Jalan Sungai Tangka Makassar, Kamis (17/8/2023).

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dipimpin oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Upacara berlangsung secara khidmat dan semarak. 

"Mari kita maknai dan semarakkan HUT Kemerdekaan untuk Indonesia Maju dan Indonesia Bangkit," kata Sudirman.

Upacara ini diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), pimpinan dan anggota DPRD Sulsel, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), ratusan siswa SMA/SMK se-Sulsel. Para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) juga tampak khidmat saat mengibarkan Bendera Merah Putih.

Baca Juga: Bendera Bunga Rampai Meriahkan HUT RI di Pantai Losari Makassar

1. Penyerahan penghargaan kepada sejumlah pejabat dan purna bakti

Semarak Upacara HUT ke-78 RI di Kantor Gubernur SulselGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima penghargaan MURI di sela upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Rujab Gubernur di Makassar, Kamis (17/8/2023). (IDN Times/Istimewa)

Dari pantauan IDN Times, upacara dimulai sekitar pukul 08.30 WITA. Di sela upacara, Pemprov Sulsel menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pejabat dan purna bakti.

Mereka yang menerima penghargaan di antaranya yaitu Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang menerima rekor MURI sebagai jalan sehat dengan peserta terbanyak yaitu sekitar 42.000 peserta. Kemudian, penghargaan kepada Gubernur Sulsel juga atas penetapan UNESCO Global Geopark 2023.

Selain itu, sejumlah pejabat juga menerima penghargaan karena peran sertanya dalam pengendalian inflasi Sulsel. Di antaranya yaitu Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Ketua Umum Kadin Sulsel Andi Iwan Darmawan Atas dan Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso.

2. Parade mobil buatan siswa SMK

Semarak Upacara HUT ke-78 RI di Kantor Gubernur SulselParade mobil listrik rakitan siswa SMK. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Hal menarik lainnya pada upacara tersebut yaitu parade mobil listrik. Menariknya, mobil listrik itu merupakan buatan siswa SMK 2 Pangkep.

Mobil berupa mobil jeep itu tes drive di lapangan upacara disaksikan para tamu yang hadir. Sudirman juga turut menjadi orang yang naik di mobil tersebut.

3. Diiringi paduan suara siswa SMA dan SMK

Semarak Upacara HUT ke-78 RI di Kantor Gubernur SulselUpacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Makassar, Kamis (17/8/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Ada yang berbeda pada upacara pengibaran bendera Merah Putih tahun ini. Perbedaan itu yakni adanya paduan suara siswi SMA/SMK dari beberapa sekolah di Sulsel.

Setelah pengibaran bendera Merah Putih, tak berapa lama kemudian mereka menyanyikan beberapa lagu wajib nasional. Di antaranya yaitu lagu Hari Merdeka, Rayuan Pulau Kelapa dan lagu Syukur.

Baca Juga: HUT ke-78 RI, Pasukan Karebosi Kibarkan Merah Putih di Pantai Losari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya