Sekolah Swasta di Makassar Dilibatkan untuk Penerimaan Siswa Baru

Peserta PPDB bisa memilih sekolah swasta

Makassar, IDN Times - Dinas Pendidikan Kota Makassar bakal melibatkan sekolah swasta pada Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP tahun 2022 yang dimulai akhir Juni 2022, khususnya pada jalur zonasi. Hal ini merupakan yang pertama kalinya di Makassar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin mengatakan pelibatan sekolah swasta dalam PPDB tahun ini dikarenakan adanya kesan bahwa sekolah swasta selama ini tidak diperhatikan. Selama ini, PPDB memang hanya melibatkan sekolah negeri saja.

"Kita jadikan pilihan karena selama ini terkesan ada diskriminasi bahwa tidak ada perhatian terhadap sekolah-sekolah swasta. Kami ingin sekolah swasta dan negeri sama-sama menjadi pilihan masyarakat," ujarnya, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Tilang Pakai Kamera HP Belum Bisa Diterapkan di Makassar

1. Peserta bisa memilih sekolah swasta saat PPDB

Sekolah Swasta di Makassar Dilibatkan untuk Penerimaan Siswa BaruIlustrasi Sekolah. IDN Times/Galih Persiana

Muhyiddin menjelaskan, SD dan SMP swasta di Kota Makassar akan diberikan akses website PPDB untuk entry lokasi sekolah seperti alamat dan website. Sekolah swasta akan diminta untuk menyertakan data-datanya termasuk data titik lokasi sekolah. 

"Setiap sekolah swasta ini nanti memasukkan link atau profil. Berdasarkan link yang kami terima dari sekolah, itu yang menjadi informasi ke masyarakat," kata Muhyiddin.

Dengan demikian, siswa bisa mendaftar di sekolah swasta seperti halnya sekolah negeri sesuai dengan zonasinya. PPDB Makassar sendiri akan dilaksanakan mulai 20 Juni 2022.

2. Warga cenderung lebih pilih sekolah negeri

Sekolah Swasta di Makassar Dilibatkan untuk Penerimaan Siswa BaruIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Pelibatan sekolah swasta dalam PPDB, kata Muhyiddin, juga merupakan bagian dari program revolusi pendidikan semua anak harus sekolah. Pasalnya, pendidikan anak-anak telah menjadi tanggung jawab pemerintah.

Dia menjelaskan pelibatan sekolah swasta merupakan bagian dari pemerataan pendidikan di Kota Makassar. Karena sebagian besar masyarakat cenderung lebih memilih sekolah negeri dibandingkan sekolah swasta yang relatif lebih mahal dan minim subsidi.

"Entah apakah dia (swasta) bersubsidi penuh ataukah dia adalah berbayar. Ada juga alokasi up ini. Yang pasti kami berikan ruang yang sama untuk bahwa swasta dan negeri sama menjadi pilihan di PPDB," kata dia.

3. Bagian dari pemerataan pendidikan

Sekolah Swasta di Makassar Dilibatkan untuk Penerimaan Siswa BaruIlustrasi sekolah daring (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Muhyiddin mengatakan pihaknya juga masih sementara membahas rencana pelibatan sekolah swasta itu, utamanya terkait ruang kelas rombongan belajar setiap sekolah. Khusus untuk tingkat SMP, pihaknya masih memetakan daya tampung lulusan SD. 

"Pada prinsipnya, kami adalah semua anak-anak Makassar tidak ada yang tidak sekolah. Kemudian, kami berharap bahwa pada saat PPDB, daya tampung sekolah negeri inilah yang kami atur," katanya.

Dinas Pendidikan Kota Makassar saat ini masih berkoordinasi dengan semua kepala sekolah swasta. Karena dengan langkah tersebut maka ke depannya tidak ada lagi status sekolah unggulan namun bagaimana pemerintah berupaya meningkatkan mutu pendidikan.

"Makanya tahun ini kami mengubah image bahwa pendidikan itu sama. Menjadi tanggung jawab bersama pemerintah termasuk sekolah-sekolah swasta," katanya.

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya