Rekayasa Lalu Lintas Selama F8 Makassar, Begini Skemanya

Jalan Penghibur Makassar ditutup total selama gelaran F8

Makassar, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menerapkan rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan event Makassar Internasional Eight Forum (F8) atau Makassar F8. Pada rute rekayasa lalu lintas ini, Jalan Penghibur di depan anjungan Pantai Losari akan ditutup total.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Aulia Arsyad, menjelaskan Jalan Penghibur akan ditutup selama event berlangsung. F8 akan berlangsung selama lima hari mulai 23-27 Agustus 2023.

"Nanti sepanjang (jalan) Penghibur, mulai dari (warkop) Turatea sampai ke anjungan Toraja Mandar itu bebas kendaraan. Jadi yang di buka (jalan) Ranggong ke (jalan) Pasar Ikan, yang lainnya normal," kata Aulia saat ditemui wartawan di Jalan Haji Bau, Selasa (22/8/2023).

1. Skema rekayasa lalu lintas

Rekayasa Lalu Lintas Selama F8 Makassar, Begini SkemanyaPesawat jet tempur Sukhoi melintas di atas Anjungan Pantai Losari Makassar, Selasa (6/9/2022), sebagai gladi salah satu atraksi pertunjukan di festival Makassar F8. (Dok. Pemkot Makassar)

Rekayasa lalu lintas kegiatan F8 dimulai dari Jalan Metro Tanjung Bunga mengarah ke Jalan Haji Bau. Hal ini membuat arus di Jalan Haji Bau jadi berbalik arah yang awalnya dari timur ke barat sekarang barat ke timur satu arah. 

Untuk Jalan Lamadukelleng, arus juga berbalik arah dari selatan ke Utara yang awalnya dari Utara ke selatan. Di jalan ini nantinya akan mengalami penyempitan karena ada parkir di sisi kiri dan kanan jalan.

Kemudian dari arah Jalan Haji Bau, kendaraan harus berbelok kiri ke Jalan Arif Rate. Dengan begitu, kendaraan tidak boleh berbelok ke arah Jalan Opu Daeng Risadju (Jalan Cenderawasih). 

"Jadi, tidak boleh ke Cendrawasih lurus juga, kalau dari arah Arif Rate bisa belok kiri bisa lurus Cenderawasih, Jalan Garuda satu arah dari arah Cendrawasih," kata Aulia.

Kemudian dari arah Jalan Rajawali dilarang masuk ke arah Jalan Garuda. Meski begitu, Jalan Cendrawasih tetap dua arah.

"Yang lainnya normal kecuali Somba Opu.  Dari arah Somba Opu batasnya sampai Muhtar Lutfi belok kiri tidak boleh belok kanan, Muhtar Lutfi ada parkir juga," kata Aulia.

2. Dishub kerahkan 317 personil

Rekayasa Lalu Lintas Selama F8 Makassar, Begini SkemanyaPenari berlatih di kawasan Anjungan Pantai Losari jelang festival Makassar F8 yang digelar 7-11 September 2022. (Dok. Pemkot Makassar)

Rekayasa lalu lintas ini diterapkan mengingat banyaknya kendaraan yang akan bertumpuk di satu lokasi. Penerapan rekayasa lalu lintas ini juga dimaksudkan untuk mengurai macet yang kemungkinan akan terjadi saat pelaksanaan F8.

Untuk itu, Dishub Kota Makassar menurunkan personil untuk mengurai kemacetan arus kendaraan di sekitar pergelaran F8.
 
"Personel yang diturunkan dari Dishub 317 personel ditempatkan di semua titik. Titik-titik pertemuan jalur sampai Jalan Hasanuddin," kata Aulia.

Baca Juga: F8 Makassar Kembali Masuk Top 10 Kharisma Event Nasional

3. Tersedia titik-titik parkir

Rekayasa Lalu Lintas Selama F8 Makassar, Begini SkemanyaIlustrasi parkir kendaraan. IDN Times/Prayugo Utomo

Aulia juga tidak menampik adanya kemungkinan kemacetan akibat parkir kendaraan pengunjung F8. Untuk hal ini, dia mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan PD Parkir.

PD Parkir, kata dia, telah menyediakan kantong-kantong parkir di sekitar lokasi F8 yang dipusatkan di sepanjang anjungan Pantai Losari. Dia mengatakan ada beberapa titik-titik lokasi parkir di mana pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya.

"Ada di monumen MNEK, di ujung anjungan yang ada konter Dishub, sepanjang Jalan Lamadukelleng kiri kanan, dan di Jalan Muhtar Lutfi," kata Aulia.

Baca Juga: F8 Sediakan 150 Booth Pelaku UMKM, Minat Gabung?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya