Projo Sulsel Nyatakan Dukung Prabowo-Airlangga pada Pilpres 2024

Projo menilai Prabowo dan Airlangga sebagai sosok yang layak

Makassar, IDN Times - Relawan Pro Jokowi (Projo) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menentukan arah politiknya terkait Pilpres 2024. DPD Projo Sulsel akhirnya menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai capres dan Airlangga Hartarto sebagai cawapres.

Hal ini merupakan keputusan yang ditetapkan dalam Konferensi Daerah (Konferda) Projo Sulsel di Hotel Claro, Makassar, Minggu (18/6/2023). Konferda ini dihadiri oleh 18 DPC Projo se-Sulsel yang hadir.

"Projo Sulawesi Selatan memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan Airlangga Hartarto sebagai calon wakil presiden. Ini pilihan musyawarah tadi," kata Ketua DPD Projo Sulsel, Herwin Nini Ala.

1. Melihat kinerja selama menjadi kabinet Jokowi

Projo Sulsel Nyatakan Dukung Prabowo-Airlangga pada Pilpres 2024Presiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Menurut Herwin, dukungan terhadap kedua sosok tersebut didasari atas kompetensi dan kinerja mereka selama ini sebagai bagian dari kabinet Jokowi. Prabowo yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan dianggap sangat layak melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

"Beliau punya ketegasan, kedisiplinan, keadilan, kejujuran dan kita bisa saksikan sekarang bersama Jokowi yang duduk beliau juga duduk di pemerintahan sebagai Menteri Pertahanan. Luar biasa hasilnya," katanya.

Demikian pula dengan Airlangga yang kini menjabat Menteri Koordinator Perekonomian. Dia dinilai sukses mengawal pemulihan ekonomi usai masa pandemik COVID-19. 

"Bayangkan COVID-19 2 tahun berapa negara. Kita bisa saksikan sendiri banyak yang stabil. Alhamdulillah kendali ekonomi di bawah pimpinan Jokowi dan Airlangga mampu meredam aksi-aksi anarkis terkait kebutuhan-kebutuhan pangan," katanya.

2. Hasil Konferda disampaikan ke pusat

Projo Sulsel Nyatakan Dukung Prabowo-Airlangga pada Pilpres 2024Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani berkuda bersama (IDN Times/Istimewa)

Projo Sulsel menjadi yang pertama menyampaikan usulan dukungannya dalam Pilpres 2024. Selanjutnya, Projo di daerah lainnya juga akan menggelar konferda untuk menentukan arah dukungannya.

Setelah selesai, setiap DPD dari 33 provinsi akan menyampaikan hasil konferda pada rakernas DPP Projo pada September 2023 nanti. Dukungan terbanyak, akan dipertimbangkan. 

Akan tetapi, Projo Sulsel menyatakan akan berupaya memenangkan siapapun yang diputuskan oleh DPP nanti. Herwin optimis sebab Jokowi yang selama ini didukung oleh Projo telah menjabat sebagai Presiden RI selama dua periode.

"Nanti kita akan konferensi lagi mengenai agenda-agenda, tahapan-tahapannya sehingga sosialisasi memenangkan hati rakyat sehingga calon kami itu betul-betul mendapatkan partisipasi khususnya rakyat Sulawesi Selatan," katanya.

Baca Juga: Parpol di Sulsel Suka Cita Sambut MK Putuskan Sistem Pemilu Terbuka

3. Tegaskan tak berafiliasi dengan parpol

Projo Sulsel Nyatakan Dukung Prabowo-Airlangga pada Pilpres 2024Jokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, Herwin menyatakan bahwa Projo Sulsel tidak berafiliasi dengan parpol mana pun. Karena itu, segala keputusan Projo tidak harus mengikut kepada salah satu parpol, terkhusus PDI Perjuangan.

"Projo ini tidak ada afiliasi dari partai mana pun. Kebetulan warnanya merah tapi tidak ada hubungannya. Betul-betul berdiri sendiri," kata Herwin.

PDI Perjuangan memang telah mengusung Ganjar Pranowo sebagai kandidat untuk Pilpres 2024. Partai berlambang banteng ini juga yang mengusung Jokowi pada Pilpres 2019 lalu. Namun Herwin menegaskan bahwa meskipun pihaknya selama ini mendukung Jokowi, namun tidak ada hubungannya dengan parpol mana pun.

"Mengenai pilihan yang berbeda itu, kita ini kan mengusulkan Jokowi nanti juga atau membisikkan kita siapa sebenarnya itu. Tapi yang jelas kami dari Projo Sulsel bersepakat memilih Prabowo dan Airlangga," kata Herwin.

Baca Juga: Laksanakan Perintah Jokowi, Projo Lanjutkan Musra Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya