Presiden Jokowi akan Kunjungi Festival Smart Vaksinasi di Makassar 

Jalan tol layang AP Pettarani diresmikan secara simbolis

Makassar, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo diagendakan berkunjung ke Sulawesi Selatan, Kamis pekan ini, 18 Maret 2021. Selama di Sulsel, dia akan menjalani sejumlah agenda.

Wali Kota Makassar Mohammadd Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan, salah satu agend Presiden adalah menghadiri Festival Smart Vaksinasi. Kegiatan itu bakal berlangsung di Hotel Dalton Makassar.

"Festival Smart Vaksinasi Kota Makassar, itu sebuah model baru. Nanti saya bagikan brosurnya model baru percepatan vaksinasi," kata Danny usai rapat persiapan kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (15/3/2021). 

Baca Juga: Tol Layang di Makassar Sudah Bisa Digunakan, Tunggu Diresmikan Jokowi

1. Kunjungan Jokowi diharapkan berdampak positif pada percepatan vaksinasi

Presiden Jokowi akan Kunjungi Festival Smart Vaksinasi di Makassar Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Kunjungan kerja Presiden Jokowi kali ini diharapkan dapat memberikan efek positif untuk mempercepat proses vaksinasi di Sulsel, khususnya Makassar.

Danny menjelaskan, Festival Smart Vaksinasi merupakan cara cerdas dan cepat dalam mendorong vaksinasi. Selain itu festival juga jadi bentuk menyenangkan dalam proses vaksinasi. Pasalnya, selama ini sebagian masyarakat menganggap vaksinasi sebagai hal menyeramkan.

"Jadi kita bikin yang menyenangkan sehingga bisa lebih cepat. Kami kalau ini berjalan dengan baik, bisa sepuluh ribu dalam satu hari orang divaksin," kata Danny.

2. Pemkot persiapkan penyambutan Jokowi

Presiden Jokowi akan Kunjungi Festival Smart Vaksinasi di Makassar Ilustrasi. ANTARA FOTO/Maulana Surya

Danny mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala hal untuk menyambut kedatangan presiden, Termasuk jalur mana saja yang akan dilewati serta penerapan protokol kesehatan di lokasi acara.

"Kita sudah siap 90 persen. Tinggal kita minta pengarahan tentang detail saja, termasuk pengurangan (hadirin)," kata Danny.

Jokowi dijadwalkan berada di Sulsel selama 12 jam. Sebelum ke Makassar, Jokowi akan menuju ke Kabupaten Tana Toraja untuk meresmikan Bandara Buntu Kunik serta meninjau proses vaksinasi di sana.

3. Peresmian tol layang dilaksanakan secara simbolis

Presiden Jokowi akan Kunjungi Festival Smart Vaksinasi di Makassar Proyek tol layang AP Pettarani Makassar. pu.go.id

Setelah menghadiri festival vaksin, Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi kolam regulasi Nipa-nipa yang berlokasi di Kecamatan Moncongloe, perbatasan Makassar-Maros. Kolam tersebut merupakan salah satu solusi pemerintah untuk mengatasi banjir.

Terkait peresmian jalan tol layang, Danny mengatakan akan dilaksanakan secara simbolis saat peninjauan di kolam regulasi Nipa-nipa. Artinya, peresmian tidak berlangsung di atas jalan tol tersebut.

"Kalau yang saya lihat tadi, agenda peresmian tol layang masuk, diresmikan di kolam. Jadi diresmikan tidak di situ (jalan)," katanya.

Baca Juga: Jokowi Minta Uji Klinis Vaksin Nusantara dan Merah Putih Transparan

Topik:

  • Aan Pranata
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya