Tol Layang di Makassar Sudah Bisa Digunakan, Tunggu Diresmikan Jokowi

Sudah berkali-kali agenda peresmian tertunda

Makassar, IDN Times - Pembangunan Tol Layang Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan, telah rampung sejak Oktober 2020. Jalan itu diharapkan bisa diresmikan pekan ini saat kunjungan kerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 18 Maret 2021 mendatang.

Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara, Anwar Toha, mengatakan secara teknis agenda untuk peresmian tol layang tersebut telah dimasukkan di antara agenda kunker Jokowi nanti. 

"Insyaallah mudah-mudahan tidak ada perubahan. Tapi secara teknis kita belum karena ini 'kan belum final. Besok masih ada meeting-meeting dengan tim terkait misalnya BPJT dengan tim presiden," ujar Anwar saat dihubungi IDN Times via telepon, Minggu (14/3/2021).

1. Penyesuaian tarif masih menunggu keputusan pusat

Tol Layang di Makassar Sudah Bisa Digunakan, Tunggu Diresmikan JokowiPekerja menyelesaikan pembangunan jalan Tol Layang Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/9/2020). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Saat ini, kata Anwar, ada dua bagian persiapan sebelum tol layang dimanfaatkan. Pertama peresmian Presiden Jokowi. Karena, kata Anwar, semua tol yang ada di Indonesia harusnya diresmikan oleh presiden. 

Kedua, mengenai apakah tol layang itu bakal langsung dipergunakan setelah diresmikan. Terkait hal itu, Anwar mengatakan pihaknya masih sementara menunggu SK penyesuaian tarif dari Menteri PUPR.

"Ini 'kan kita belum terima juga. Mudah-mudahan dalam waktu dekat siapa tahu bersamaan peresmian dengan SK penyesuaian tarif sudah keluar juga, otomatis kita sudah bisa program kapan diberlakukan itu," imbuhnya.

2. Sosialisasi ke masyarakat sebelum tol dimanfaatkan

Tol Layang di Makassar Sudah Bisa Digunakan, Tunggu Diresmikan JokowiKondisi Jalan Tol Layang A.P Pettarani di Makassar. Tangkapan Layar

Anwar mengatakan jika setelah tol tersebut diresmikan tapi belum ada SK mengenai penyesuaian tarif, maka pihaknya akan menunggu dulu petunjuk teknis selanjutnya. Bisa saja, kata dia, ada kebijakan seperti tol difungsikan untuk masyarakat secara tidak berbayar alias gratis.

Anwar mengatakan biasanya setelah SK keluar, maka akan ada waktu satu minggu untuk menyosialisasikan kepada masyarakat umum sebelum resmi ditetapkan secara berbayar. 

"Harus ada sosialisasi. Tidak boleh kita langsung berlakukan (tarif). Jadi yang bisa dilakukan misalnya sudah diresmikan hari ini, terus ada perintah dari Pak Menteri kasih dulu masyarakat gratis barang satu minggu atau bagaimana. Nanti kita tunggu itu petunjuknya Pak Menteri," kata Anwar.

Baca Juga: Mundur dari Jadwal, Tol Layang Pettarani Diresmikan Oktober 2020

3. Peresmian tol layang Pettarani diusulkan untuk kunker Jokowi

Tol Layang di Makassar Sudah Bisa Digunakan, Tunggu Diresmikan JokowiKondisi Jalan Tol Layang A.P Pettarani di Makassar. Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani, pada Jumat 12 Maret 2021 lalu telah mengusulkan kepada Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, agar Presiden Jokowi bisa meresmikan penggunaan jalan Tol Layang Pettarani saat kunker ke Sulsel. 

Pengusulan Hayat itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, selama ini peresmian jalan tersebut selalu tertunda. Sejak rampung pada Oktober 2020 lalu, sudah tiga kali Pemprov Sulsel berencana menjadwalkan peresmian namun batal terus.

Belum lagi Jalan AP Pettarani bagian bawah kerap terjadi kemacetan akibat mobilitas masyarakat yang tinggi. Jika tol layang dioperasikan, kata Hayat, maka diharapkan bisa mengurai kemacetan yang terjadi selama ini.

"Waktunya memang terbatas, hanya 12 jam. Tapi jika memungkinkan, di sela kunjungan kerja kali ini bisa dilakukan peresmian jalan tol AP Pettarani. Mungkin cukup penandatanganan prasasti saja," usul Abdul Hayat.

Baca Juga: Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan Jokowi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya