PM Australia dan Gubernur Sulsel Bahas Penguatan Kerja Sama

Sulsel dan Australia membangun hubungan bilateral

Makassar, IDN Times - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/6/2022). Sebelumnya, Albanese telah bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Senin kemarin (6/6/2022).

Albanese tiba di Kantor Gubernur Sulsel, sekitar pukul 13.24 WITA. Dia disambut Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama jajaran Forkopimda. Tak berlangsung lama, mereka langsung menuju ruang kerja gubernur dan menggelar pertemuan tertutup.

Baca Juga: Kunjungan PM Australia ke Makassar untuk Perdalam Kerja Sama

1. Memperkuat kerja sama

PM Australia dan Gubernur Sulsel Bahas Penguatan Kerja SamaPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Pertemuan tersebut hanya berlangsung sekitar 30 menit. Usai pertemuan, Albanese dan rombongan langsung meninggalkan Kantor Gubernur.

Ditemui usai pertemuan itu, Andi Sudirman menjelaskan bahwa pertemuan itu membahas soal penguatan kerja sama kedua belah pihak yang telah terjalin sebelumnya. Di antaranya mengenai peternakan, pendidikan hingga potensi energi seperti PLTB (pembangkit listrik tenaga bayu).

"Ke depan kami juga harus memiliki kerja sama lebih kuat satu sama lain. Ini pertama kunjungannya, kami berharap bahwa bagaimana kunjungan ini sebagai tanda bahwa kita ini akan memperkuat kerja sama," kata Sudirman.

2. Angin segar bagi Sulsel

PM Australia dan Gubernur Sulsel Bahas Penguatan Kerja SamaPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman memaparkan kepada Albanese bahwa Sulsel memiliki potensi peternakan yang cukup untuk expertise. Dengan potensi itu, Sulsel bisa memberikan pelayanan termasuk lahan seperti yang ada di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara. 

Pertemuan itupun diharapkan menjadi angin segar bagi perkembangan di Sulsel. Hal ini mengingat bahwa Sulsel menjadi daerah pertama yang dikunjungi Albanese usai pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo.

"Tentu ini menjadi tanda-tanda yang bagus bahwa, kita adalah yang pertama didatangi setelah presiden, provinsi pertama yah di Indonesia," katanya.

3. Membangun hubungan bilateral Australia dan Indonesia Timur

PM Australia dan Gubernur Sulsel Bahas Penguatan Kerja SamaPM Australia Anthony Albanese (Twitter Athony Albanese/@AlboMP)

Kunjungan pertama Albanese dan anggota kabinet seniornya ini menandakan kerja sama yang mendalam antara Indonesia Timur dengan Australia sekaligus menunjukkan pentingnya hubungan bilateral bagi pemerintah Australia.

“Kedua negara kita memiliki sejarah panjang kerja sama dan persahabatan, dan pemerintahan saya akan bekerja sama dengan Indonesia untuk memperdalam hal ini,” kata Perdana Menteri Albanese dalam keterangan tertulisnya.

Selama berada di Makassar, Albanese dan delegasi juga akan mengunjungi Eastern Pearl Flour Mill, pabrik terigu terbesar ke-empat di dunia. Eastern Pearl, seperti pabrik terigu lainnya di Indonesia, menggunakan gandum Australia berkualitas tinggi untuk menghasilkan tepung yang digunakan dalam produk seperti mie dan roti.

“Saya berharap dapat membangun hubungan kita lebih jauh, termasuk merevitalisasi hubungan perdagangan kita dan mempromosikan kerjasama di bidang iklim, infrastruktur dan energi,” katanya.

Baca Juga: Hari Ini, Perdana Menteri Australia Berkunjung ke Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya