Hari Ini, Perdana Menteri Australia Berkunjung ke Makassar

Menghadiri sejumlah agenda di Unhas hingga pabrik terigu

Makassar, IDN Times - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese bertolak menuju Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka kunjungan kerja, Selasa (7/6/2022). Sebelumnya, Anthony Albanese telah bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Senin kemarin (6/6/2022).

Anthony Albanese dijadwalkan menghadiri sejumlah agenda dan mendatangi sejumlah tempat di Kota Makassar. Setelah tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, dia akan langsung ke kampus Universitas Hasanuddin.

Di kampus tersebut itu, Albanese akan membawakan kuliah umum di hadapan para mahasiswa. Selain itu, dia juga direncanakan mengunjungi Aussie Banget Corner. Aussie Banget Corner merupakan ruang publik bertema Australia di mana mahasiswa bisa berinteraksi dengan Konsulat Jenderal Australia di Makassar.

Baca Juga: Jokowi Ajak PM Australia Pakai Sepeda Bambu Keliling Istana Bogor 

1. Pertemuan dengan Gubernur berlangsung tertutup

Hari Ini, Perdana Menteri Australia Berkunjung ke MakassarPM Australia Anthony Albanese (Twitter Athony Albanese/@AlboMP)

Setelahnya, Albanese yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Australia Don Farrel dan Menteri Luar Negeri, Penny Wong, dijadwalkan menuju Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Jalan Urip Sumoharjo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulsel, Amson Padolo, mengatakan Albanese akan menggelar pertemuan tertutup dengan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Mereka akan membahas soal kerjasama yang bisa dijalin antar Australia dan Sulsel. 

"Pertemuan digelar tertutup. Mungkin sekitar 30 menit," ujar Amson, Selasa, (7/6/2022).

2. Dijadwalkan mengunjungi pabrik terigu

Hari Ini, Perdana Menteri Australia Berkunjung ke MakassarPresiden Jokowi ajak Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese naik sepeda bambu di Istana Kepresidenan Bogor (dok. Sekretaritat Presiden)

Setelah itu, kata Amson, Albanese akan mengunjungi pabrik terigu di pelabuhan, yakni Eastern Pearl Flour Mills. Perusahaan itu merupakan afiliasi dari CBH Group Australia. 

Pemprov Sulsel sendiri akan menawarkan sejumlah kerjasama dengan pemerintah Australia. Di antaranya yaitu kerja sama di bidang perdagangan dan peternakan. 

Selama ini, Sulsel diketahui mengekspor sejumlah produk ke Australia seperti kakao dan kopi. 

3. Kunjungan bilateral pertama usai dilantik

Hari Ini, Perdana Menteri Australia Berkunjung ke MakassarPresiden Jokowi bersama Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese di Istana Kepresiden Bogor (dok. Sekretariat Presiden)

Anthony Albanese sendiri baru dilantik menjadi Perdana Menteri Australia dua pekan lalu. Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan bilateral pertama usai dia dilantik.

Pertemuan itu membahas soal ekonomi serta kerja sama di bidang kesehatan dan pendidikan. Selain itu, Indonesia dan Australia juga akan memperkuat ketahanan pangan untuk menjaga keberlangsungan rantai pasok pangan. 

"Kerja sama peningkatan kapasitas di bidangfood processing, food innovation dan rantai pasok penting untuk diperkuat. Saya juga menekankan pentingnya MOU pertanian antara kedua negara segera diimplementasikan," kata Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Profil Anthony Albanese, Perdana Menteri Australia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya