Peserta Festival Smart Vaksinasi Makassar Wajib Rapid Antigen

Danny Pomanto pastikan prosedur berjalan lancar

Makassar, IDN Times - Peserta Festival Smart Vaksinasi yang bakal digelar Pemerintah Kota Makassar di Hotel Dalton, pada Kamis 18 Maret 2021 nanti, wajib mengikuti rapid tes antigen.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan peserta vaksinasi diwajibkan mengikuti rapid tes antigen yang disediakan di lokasi kegiatan. Sedangkan vaksinator harus mengikuti tes PCR sebelum kegiatan berlangsung.

“Jadi mulai besok (Rabu) sudah diadakan tes PCR bagi para vaksinator, pejabat Pemkot, juga protokol kepresidenan. Lalu hari Kamis sebelum masuk ke ruangan festival, para penerima vaksin harus antigen dulu untuk memastikan kondisinya siap menerima vaksin”, kata Danny saat meninjau lokasi kegiatan itu, Selasa (16/3/2021).

1. Danny lakukan berbagai persiapan

Peserta Festival Smart Vaksinasi Makassar Wajib Rapid AntigenWali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengatakan ruangan Festival Smart Vaksinasi tersebut dibuat senyaman mungkin dan harus menaati protokol kesehatan. Untuk itu, Pemkot menyiapkan berbagai hal untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kita siapkan ruangan dengan jarak kursi yang memadai. Sebelum peserta masuk, harus memperlihatkan dulu barcode-nya untuk mendapatkan kursi. Setelah itu akan didatangi oleh vaksinator. Peserta vaksin juga akan diantar jemput oleh ojol yang telah disediakan," katanya.

2. Presiden direncanakan hadir langsung

Peserta Festival Smart Vaksinasi Makassar Wajib Rapid AntigenANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Persiapan yang dilakukan Danny itu bukan tanpa alasan. Sebab Presiden Joko Widodo direncanakan akan memantau langsung kegiatan vaksinasi. Danny mengatakan, pihaknya akan memastikan semua prosedur berjalan lancar dan protokol kesehatan berlangsung tertib.

“Kesempatan kita dikunjungi Presiden. Olehnya itu saya meminta dukungan dan kerja samanya. Mariki’ sama-sama sukseskan Festival Vaksinasi Makassar ini," kata Danny.

Baca Juga: Pemkot Makassar Siapkan Vaksinasi di 47 Puskesmas

3. Membuat suasana vaksinasi jadi menyenangkan

Peserta Festival Smart Vaksinasi Makassar Wajib Rapid AntigenIlustrasi vaksinasi COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Festival Smart Vaksinasi merupakan salah satu langkah Pemkot Makassar dalam memotong mata rantai penularan COVID-19 melalui vaksinasi. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang menganggap vaksin sebagai sesuatu yang menakutkan. 

Berangkat dari sini, Danny berinisiatif mengubah pandangan masyarakat tentang vaksinasi. Dia ingin membuat kegiatan vaksinasi sebagai sesuatu yang menyenangkan. 

“Pemerintah kota akan membuat hal-hal yang sifatnya menarik tidak menyeramkan. Insyaallah semua taat prokes sesuai prosedur sehingga vaksinasi itu bukan bagian dari beban masyarakat justru kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Kunjungi Festival Smart Vaksinasi di Makassar 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya