Pertamina: Makassar Tidak Terdampak Kelangkaan Pertalite

Stok Pertalite tak terpengaruh kenaikan harga BBM nonsubsidi

Makassar, IDN Times - PT Pertamina (Persero)  menaikkan harga tiga produk BBM non subsidi yakni Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite mulai 3 Agustus 2022. Kenaikan itu dikhawatirkan memunculkan peralihan konsumen ke BBM bersubsidi yang berujung pada kelangkaan stok.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Laode Syarifuddin Mursali memastikan penyesuaian ini tidak akan memberi dampak pada BBM subsidi seperti Pertalite. Di Makassar sendiri, kata dia, kondisi Pertalite masih aman.

"Jadi kenaikan BBM non subsidi ini, pangsa pasarnya tidak terlalu banyak. Seperti Pertamax Turbo dan Dexlite. Ini sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi karena yang menggunakan Pertamax Turbo itu kalau di Makassar hanya sekitar tiga persen," kata Mursali, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Beli Pertalite Dibatasi per Agustus? Ini Jawaban Pertamina

1. Pertamina pastikan tidak ada kelangkaan Pertalite

Pertamina: Makassar Tidak Terdampak Kelangkaan PertaliteIlustrasi SPBU, Pertamax, Pertalite (IDN Times/Shemi)

Dari pantauan di beberapa SPBU seperti SPBU Pengayoman dan SPBU Sultan Alauddin, Pertalite masih tersedia. Mursali memastikan tidak ada kelangkaan Pertalite seperti yang dikhawatirkan masyarakat. Hanya saja memang sempat terjadi keterlambatan pengiriman BBM jenis Pertalite di sejumlah SPBU di Kota Makassar yang mengakibatkan antrean.

"Masalah kelangkaan itu tidak ada. Jadi cuma keterlambatan pengiriman, dan juga mungkin bertepatan konsumen mengisi. Jadi sebenarnya kekosongan tidak ada. Kelangkaan juga tidak ada. Antrian itu bukan berarti menandakan adanya kelangkaan," jelasnya.

2. Harga minyak dunia melambung

Pertamina: Makassar Tidak Terdampak Kelangkaan PertaliteIlustrasi SPBU, Pertamax, Pertalite (IDN Times/Shemi)

Lebih lanjut Mursali mengatakan penyesuaian harga ini berlaku di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan. Penyesuaian harga ini, kata dia, dikarenakan harga minyak dunia yang melambung.

"Jadi kenaikan ini berlaku secara nasional. Salah satu penyebabnya karena harga minyak dunia yang sudah sangat tinggi," katanya.

3. Harga terbaru untuk wilayah Sulsel

Pertamina: Makassar Tidak Terdampak Kelangkaan PertaliteIlustrasi SPBU/ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Adapun penyesuaian harga ini mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 Tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU.

Harga terbaru tiga jenis BBM non subsidi yang berlaku di Sulsel yakni Pertamax Turbo sebesar Rp18.250 per liter, Dexlite Rp18.150 per liter, dan Pertamina Dex Rp19.250 perlite. Sedangkan untuk jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) atau Pertalite Rp7.650 per liter, serta  harga Pertamax Rp12.750 per liter.

Baca Juga: Uji Coba MyPertamina di Makassar, Daftar di 43 SPBU, Ini Syaratnya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya