Uji Coba MyPertamina di Makassar, Daftar di 43 SPBU, Ini Syaratnya

Lebih dari 10.000 kendaraan telah terdaftar

Makassar, IDN Times - PT Pertamina (Persero) telah memperluas pendaftaran subsidi tepat bahan bakar minyak (BBM) dengan aplikasi MyPertamina melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id di 50 kabupaten/kota di Indonesia, salah satunya Kota Makassar. Di kota ini, uji coba telah dimulai sejak 11 Juli 2022 lalu.

Senior Supervisor Communication Relations Pertamina Regional Sulawesi, Taufiq Kurniawan, mengatakan, lokasi pendaftaran subsidi BBM MyPertamina di Kota Makassar bisa datang ke SPBU terdekat. Kata Taufuq, pendaftaran offline tersedia di semua SPBU yang berjumlah total 43 stasiun.

"Bagi yang tidak punya handphone atau bagi yang awam terhadap internet dan gadget bisa mendatangi 43 SPBU di Kota Makassar siap melayani masyarakat untuk berkonsultasi untuk melakukan pendaftaran," kata Taufiq kepada IDN Times, Jumat (22/7/2022).

1. Pengguna bisa mendaftar online

Uji Coba MyPertamina di Makassar, Daftar di 43 SPBU, Ini SyaratnyaAplikasi MyPertamina. IDN Times/Asrhawi Muin

Untuk pendaftaran online MyPertamina, pemilik kendaraan hanya perlu mendaftar mandiri dari mana pun dengan mengakses situs tersebut. Di sana, informasi tahapan pendaftaran sudah lengkap.

Sebelum mendaftar kendaraan untuk subsidi MyPertamina, pengguna harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu KTP, STNK, foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya. Saat membuka situs, pengguna langsung bisa memberikan centang pada kolom informasi memahami persyaratan. Setelah itu, penggunaan bisa langsung mengklik daftar sekarang. 

Kemudian, pengguna harus menunggu pencocokan data maksimal 14 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala. Apabila sudah terkonfirmasi, pengguna bisa mengunduh kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

"Yang sudah punya aplikasi MyPertamina bisa daftar lewat salah satu tombol yang ada di aplikasi itu, nanti terkoneksi dengan halaman yang sama dengan cara yang sudah ada di web Subsidi Tepat," kata Taufiq.

2. Lebih dari 10.000 unit kendaraan terdaftar

Uji Coba MyPertamina di Makassar, Daftar di 43 SPBU, Ini SyaratnyaIlustrasi SPBU. (IDN Times/Aditya Pratama)

Taufiq menyebutkan, sejak dimulai pada 11 Juli 2022 hingga saat ini, setidaknya sudah ada lebih dari 10.000 kendaraan di Makassar yang terdaftar di aplikasi MyPertamina. Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa antusiasme masyarakat Kota Makassar cukup besar terhadap program tersebut.

Hingga kini Pertamina masih terus menyosialisasikan program ini. Sebab mereka ingin fokus menjaring konsumen sebanyak mungkin.

"Tapi kami imbau kepada masyarakat untuk mendaftar segera, jangan sampai pada saat nanti diterapkan, itu masih ada yang belum mendaftar. Karena sekarang pendaftarnya itu untuk Kota Makassar sendiri sudah 10.000 kendaraan," kata Taufiq.

Baca Juga: Uji Coba Aplikasi dan Situs MyPertamina di Manado, Server sempat Down

3. Sistem akan memilah kendaraan untuk subsidi

Uji Coba MyPertamina di Makassar, Daftar di 43 SPBU, Ini SyaratnyaIlustrasi SPBU. (IDN Times/Aditya Pratama)

Penerapan subsidi tepat BBM merupakan upaya dari Pemerintah RI melalui PT Pertamina (Persero) untuk memperketat distribusi BBM subsidi agar tepat sasaran. Taufiq mengatakan, ketika masyarakat telah mendaftarkan kendaraannya melalui website dan aplikasi MyPertamina, sistem akan memilah untuk menentukan jenis kendaraan yang berhak maupun yang tidak berhak menerima BBM subsidi. 

Hal itu mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian, dan harga jual eceran bahan bakar minyak. 

"Program Subsidi Tepat itu menjadi kendaraan-kendaraan yang berhak mendapatkan subsidi sudah tercantum dalam Perpres Nomor 191 Tahun 2014. Di situ disebutkan kendaraannya apa saja dan siapa saja yang bisa konsumsi BBM bersubsidi," kata Taufiq.

Baca Juga: Sopir Angkutan Umum di Manado Sebut Aplikasi MyPertamina Bukan Solusi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya