Penumpang di Bandara Hasanuddin Meningkat Jelang Natal-Tahun Baru

Tercatat 106.581 penumpang pada periode Nataru sejauh ini

Makassar, IDN Times - Pergerakan penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar meningkat pada momen Natal dan Tahun Baru. "Per 19 Desember 2203 hingga saat ini, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar telah melayani 106.581 pergerakan penumpang dan 834 penerbangan," kata General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Taochid Purnomo Hadi, Sabtu (23/12/2023).

Perhitungan khusus jumlah penumpang itu dimulai sejak pendirian posko khusus Nataru pada 19 Desember 2023. Jumlah penumpang terus meningkat dalam tiga hari pertama, dari 30.010 menjadi 32.947 pergerakan penumpang.

Baca Juga: Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat 30 Persen

1. Bandara mengadakan pos khusus Nataru

Penumpang di Bandara Hasanuddin Meningkat Jelang Natal-Tahun BaruParkir pesawat di bandara.(IDN Times/Muhammad Nasir)

PT. Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, mengadakan kegiatan Pos Koordinasi Terpadu Angkutan Udara Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Posko seperti ini rutin diadakan setiap tahun.

Tahun ini, posko tersebut beroperasi mulai 19 Desember hingga 3 Januari 2024. Pokso ini akan memberikan informasi seputar pelayanan Bandara Sultan Hasanuddin selama periode libur Nataru. "Pelaksanaan posko selama 16 hari dan didukung oleh seluruh stakeholder," kata Taochid.

2. Peningkatan penumpang diprediksi sekitar satu persen dibandingkan tahun lalu

Penumpang di Bandara Hasanuddin Meningkat Jelang Natal-Tahun Baruilustrasi selesai check in dan menunggu di gate (pexels.com/Kelly)

Pada periode kali ini, PT Angkasa Pura I memprediksi peningkatan penumpang seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun kali ini, peningkatan itu diprediksi cukup tipis.

"Dalam periode posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, kami memprediksi ada peningkatan satu persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Taochid.

3. Ada penambahan 81 penerbangan di akhir tahun

Penumpang di Bandara Hasanuddin Meningkat Jelang Natal-Tahun BaruIlustrasi penumpang pesawat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Demi kelancaran arus penumpang, Bandara Sultan Hasanuddin juga menambah layanan penerbangan atau ekstra flight. Hal ini untuk mengimbangi lonjakan jumlah penumpang.

"Hingga saat ini terdapat rencana extra flight sebesar 81 penerbangan yang akan dilayani oleh Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air," kata Toachid.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya