Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat 30 Persen

Selama musim liburan Natal dan Tahun Baru

Makassar, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Makassar memperkirakan peningkatan jumlah penumpang dan kunjungan kapal pada musim Natal dan Tahun Baru mendatang. Peningkatannya diprediksi 30 persen dibandingkan musim Nataru sebelumnya.

Sebagai pelabuhan terbesar, terpadat dan tersibuk di Regional 4, Pelabuhan Makassar selalu mencatat jumlah arus penumpang tertinggi di setiap musim Nataru. Dari 20 cabang kelolaan Pelindo di Regional 4, total arus penumpang periode H-15 hingga H+15 di Pelabuhan Makassar sebanyak 83.860 orang pada musim Nataru tahun lalu.

“Dari total jumlah penumpang tersebut, untuk embarkasi atau penumpang yang berangkat sebanyak 42.722 orang dan debarkasi atau penumpang yang tiba sebanyak 41.138 orang,” kata Iwan Sjarifuddin, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, dalam keterangannya yang dikutip, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga: BI Sulsel: Kebutuhan Uang Diprediksi Capai Rp3,2 T saat Nataru

1. Tahun lalu peningkatan penumpang capai 208 persen

Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat 30 PersenPenumpang Kapal PELNI mengantre untuk memasuki kapal. (dok. PELNI)

Pada musim Nataru 2022, pertumbuhan penumpang di Pelabuhan Makassar meningkat 208 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Di tahun 2021, saat masih marak kasus COVID-19, jumlah penumpang tercatat 40.149 orang.

Pelindo Regional 4 Makassar juga mencatat jumlah arus kunjungan kapal pada musim Nataru tahun lalu mencapai 83 call kapal. “Diprediksi musim Nataru tahun ini akan mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” imbuh Iwan.

2. Pelindo Regional 4 siapkan posko

Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat 30 PersenPelindo Regional 4 memperkirakan peningkatan jumlah penumpang hingga 30 persen pada musim Natal dan Tahun Baru 2023-2024. (Dok. Pelindo Regional 4)

Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar, Andy Hermawan mengatakan bahwa pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya akan menyiapkan posko bersama di area Pelabuhan Makassar. Posko didirikan ntuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi terjadi pada H-8, H-1, H+1, H+6, H+8 dan H+9 Nataru 2023.

“Selain itu kami juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas yang ada, khususnya di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang memiliki kapasitas kurang lebih empat ribu orang penumpang,” sebut Andy.

3. Sarana dan prasarana pelabuhan nyaman untuk penumpang

Arus Penumpang Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat 30 PersenCalon penumpang berjalan menaiki KM Ciremai di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, pada masa arus balik lebaran Idul Fitri, Rabu (26/4/2023). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Hermawan mengatakan, pihaknya juga akan terus memantau setiap sarana dan prasarana yang tersedia senantiasa dalam kondisi yang nyaman dan bersih. Terutama untuk toilet, ruang menyusui, musala, dan ruang tunggu serta fasilitas yang lainnya.

“Bahkan kami juga telah menyiapkan fasilitas berupa Ruang Tunggu Sementara (RTS) untuk penumpang kapal yang transit agar lebih tertib dan teratur, sehingga tidak menumpuk di dalam ruang tunggu terminal dan calon penumpang lainnya pun akan merasa lebih aman dan nyaman,” tuturnya.

Andy menambahkan bahwa posko bersama dengan stakeholder tersebut akan mulai dioperasikan pada Senin, 18 Desember 2023. Di dalam posko bersama itu akan terdiri dari semua unsur terkait di Pelabuhan Makassar, di antaranya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar, Pelindo Regional 4 Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), aparat keamanan, dan juga instansi pemerintah daerah terkait.

Baca Juga: Pelindo Regional 4 Catat Kinerja Apik usai Merger

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya