Pemprov Sulsel Usulkan Tambah Rute Teman Bus Trans Mamminasata

Teman Bus belum berbayar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mengusulkan penambahan rute untuk Teman Bus Trans Mamminasata. Usulan telah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, mengatakan rute yang akan ditambah merupakan bagian dari koridor 3. Pemprov ingin ada rute menunju ke rumah sakit Sayang Rakyat di Jalan Pahlawan, Kecamatan Biringkanayya.

"Sudah diusulkan. Nanti domainnya teman-teman Kementerian Perhubungan. Kami sudah menyurat," kata Arafah, Jumat (7/10/2022).

1. Tidak ada penambahan koridor

Pemprov Sulsel Usulkan Tambah Rute Teman Bus Trans MamminasataTeman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Arafah menjelaskan bahwa meskipun ada penambahan rute namun koridor layanan Teman Bus Trans Mamminasata tidak akan ikut bertambah. Sejauh ini, ada empat koridor yang beroperasi.

Teman Bus Trans Mamminasata melayani 4 daerah di wilayah aglomerasi Mamminasata yakni Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar. Ada 87 unit Teman Bus yang melayani 4 kabupaten/kota tersebut dengan 4 koridor.

"Tetap empat koridor, cuma untuk koridor tiga akan lewat Rumah Sakit Sayang Rakyat. Kan tadinya tidak disitu," katanya.

2. Koridor akan terus dievaluasi

Pemprov Sulsel Usulkan Tambah Rute Teman Bus Trans MamminasataSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Bus Trans Mamminasata melayani 4 koridor. Koridor 1 yaitu Panakkukang Square-Galesong. Koridor 2 yaitu Mal Panakkukang-Bandara Sultan Hasanuddin.  Koridor 3 yaitu Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP. Koridor 4 Panakkukang Square -Kampus UIN Samata-Kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa.

Arafah mengatakan dari 4 koridor tersebut, hanya koridor 1,3 dan 4 yang berjalan cukup baik. Sementara operasional koridor 2 agak terkendala karena beberapa perubahan jalur menyusul penolakan sopir angkutan umum.

Namun koridor-koridor ini akan dikaji lagi mengingat jalur kereta api Maros-Barru akan segera diresmikan. Termasuk pula evaluasi untuk koridor 2. 

"Itu nanti akan dikaji tersendiri. Karena teman-teman kereta api ini, butuh ada layanan teman bus sampai ke kereta api. Jadi kemungkinan besar salah satu yang  berubah itu rute ke koridor yang tidak maksimal itu," katanya.

3. Teman Bus belum berlaku tarif

Pemprov Sulsel Usulkan Tambah Rute Teman Bus Trans MamminasataSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Layanan Teman Bus Trans Mamminasata di Sulsel telah beroperasi sejak Oktober 2021 lalu. Namun hingga saat ini masih belum memperlakukan tarif alias gratis.

Arafah mengatakan tarif untuk Teman Bus masih terus dikaji. Namun dia berharap Teman Bus tidak segera berbayar. 

"Tapi yang jelas saya harap lamalah, kalau bisa sampai Desember atau Januari baru berbayar. Kalau perlu masih gratis lagi. Masyarakat kita kan, bebannya tinggi sekali sekarang akibat inflasi," katanya.

Baca Juga: Teman Bus Mamminasata Masih Gratis, Tarif Masih Dikaji

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya