Pemprov Sulsel Beri Bonus ke Atlet Peraih Medali SEA Games 2023

Bonus diharapkan bisa memotivasi atlet terus berprestasi

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan penghargaan dan bonus kepada para atlet peraih medali di ajang SEA Games Kamboja 2023. Penghargaan dan bonus itu diserahkan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman di Taman Lakipadada, Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (8/6/2023) malam.

Penyerahan tersebut dihadiri Forkopimda Sulsel, KONI Sulsel, para pengurus PSM Makassar, PSSI Sulsel, dan pengprov masing-masing cabor, para atlet, serta wasit. 

"Itu semata-mata bahwa kita mau apresiasi itu lebih tinggi kepada para atlet. Kita mau juga bagaimana mereka bekerja keras ada value yang mereka dapat," kata Sudirman.

Baca Juga: Daftar Atlet Sulsel Penyumbang 6 Medali Emas di SEA Games 2023

1. Nominal bonus bervariasi

Pemprov Sulsel Beri Bonus ke Atlet Peraih Medali SEA Games 2023Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan secara simbolik bonus bagi atlet peraih medali di SEA Games Kamboja 2023. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Bonus yang diberikan bervariasi. Ada yang menerima Rp75 juta, Rp100 juta, hingga Rp150 juta. 

Pemberian bonus itu, kata Sudirman, dimaksudkan agar para atlet lebih termotivasi lagi dalam latihan. Menurutnya, bonus dan penghargaan akan membuat atlet lebih merasa diapresiasi oleh pemerintah daerahnya.

"Bukan dari nilainya tapi semangatnya bahwa keringat yang dikeluarkan itu ternyata worth it bahwa mereka betul-betul diberikan penghargaan," kata Sudirman.

2. Pemberian bonus untuk motivasi atlet

Pemprov Sulsel Beri Bonus ke Atlet Peraih Medali SEA Games 2023Lifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menunjukkan medali emas yang berhasil diraihnya dari kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sudirman menjelaskan apresiasi terhadap altet sangat penting. Hal itu karena para atlet telah menghabiskan banyak waktu untuk benar-benar konsentrasi di bidang olahraga.

Terlebih lagi, para atlet harus ditempa sejak usia muda. Tak sedikit dari mereka yang harus mengorbankan pendidikan demi bisa terus fokus berlatih.

"Dengan begini, mereka diapresiasi yang worth it dengan apa yang dia dapat. Nanti se-Indonesia akan semakin termotivasi untuk betul-betul menjadi profesional, ada ruang," kata Sudirman.

3. Atlet Sulsel sumbang 6 medali emas

Pemprov Sulsel Beri Bonus ke Atlet Peraih Medali SEA Games 2023Pemain PSM Makassar Ananda Raehan Alif jadi bagian skuad Timnas Indonesia U-22 peraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. (Instagram/anandaraehan88)

Sulsel mengirimkan 14 orang atlet untuk mewakili Indonesia di ajang olahraga se-Asia Tenggara itu. Dari jumlah tersebut, ada 6 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu yang berhasil dibawa pulang oleh atlet asal Sulsel. 

Para atlet yang meraih medali emas yaitu Muhammad Hardiansyah Muliang dan Rusdi, dari sepak takraw nomor men's double putra. Kemudian, Hardiansyah Muliang, Rusdi, Andi Try Saputra, dan Diky Apriadi, dari sepak takraw nomor men's team double putra.

Selanjutnya, Anwar Tarra (dua emas), dari traditional boat race nomor 500 meter 12 kru putra dan traditional boat race nomor 800 meter 12 kru putra. Lalu, Rahmat Erwin Abdullah, dari angkat besi nomor 81 kg putra. Kemudian, Ananda Raehan Alif, sepak bola putra.

Selanjutnya, medali perak diraih Diky Apriadi, Muhammad Hardiansyah Muliang, Andi Try Sandi Saputra, dan Rusdi, sepak takraw nomor kuadran putra. Kemudian, Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardana, Albiadi, pada karate nomor kata beregu putra.

Kemudian, medali perunggu Kusnelia, dari sepak takraw nomor kuadran putri. Fuji Anggraeni, dari sepak takraw nomor double putri. Krisda Putri Aprilia, dari karate nomor kata perorangan putri.

Baca Juga: SEA Games 2023: Atlet Sulsel Sumbang 6 Emas, 2 Perak, 3 Perunggu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya