Pemprov Sulsel Bakal Buat Saluran Air untuk Jalan Tun Abdul Razak Gowa

Jalan tersebut belum memiliki drainase sehingga kerap banjir

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai menggali saluran air di Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa. Selama ini jalan tersebut belum memiliki drainase sehingga sering mengalami banjir walau hanya hujan sedikit.

Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas PUTR Sulsel, Sukarlan, mengatakan penggalian merupakan langkah awal. Fokus utama adalah mengalirkan air yang tergenang di badan Jalan Tun Abdul Razak, dengan membuat saluran untuk mengalirkan air dari lokasi genangan ke sungai terdekat dengan panjang sekitar 400 meter.

“Untuk tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PUTR akan menganggarkan untuk penanganan ruas Jalan Tun Abdul Razak. Pengerjaan ini akan menuntaskan jalan yang rusak parah di ruas jalan tersebut,” kata Sukarlan, dam siaran pers, Senin (27/12/2021).

1. Banyak jalan berlubang

Pemprov Sulsel Bakal Buat Saluran Air untuk Jalan Tun Abdul Razak GowaKondisi Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa saat banjir. IDN Times/Asrhawi Muin

Ruas Jalan Tun Abdul Razak itu memang tak jarang membuat pengendara kesal. Selain karena sering banjir, kondisi jalan tersebut juga rusak parah dengan lubang di mana-mana.

Kondisi jalan berlubang itu akan semakin mengkhawatirkan ketika terjadi banjir. Sebab air tidak mengalir sehingga pengendara motor tidak bisa melihat lubang di jalan sehingga bisa mengakibatkan mereka jatuh.

Padahal jalanan tersebut merupakan salah satu jalan yang menghubungkan Kabupaten Gowa dengan Kota Makassar. Dengan demikian, jalan ini termasuk jalanan dengan lalu lintas sangat tinggi.

2. Fokus pada pembuatan drainase

Pemprov Sulsel Bakal Buat Saluran Air untuk Jalan Tun Abdul Razak GowaKondisi Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa saat banjir. IDN Times/Asrhawi Muin

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pengerjaan saluran air itu karena Jalan Tun Abdul Razak selama ini memang belum memiliki drainase. Dia menyebut pembangunan jalan itu dulunya hanya fokus di pembukaan jalan saja.

Untuk itu, pihaknya baru akan membuat drainase di jalan tersebut. Dia menyebut sebenarnya ada beberapa saluran bekas di sana yang juga perlu diperbaiki.

"Kalau salurannya sudah bagus kita baru masuk diaspal, tapi harus desain saluran dikerjakan sementara kita bikin dulu supaya bisa mengalir airnya," kata Sudirman.

Baca Juga: Solusi Banjir Makassar ala Danny: Rumah Rawan Banjir Dibuat 2 Lantai

3. Pengerjaan jalan dimulai tahun 2022

Pemprov Sulsel Bakal Buat Saluran Air untuk Jalan Tun Abdul Razak GowaKondisi Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa saat banjir. IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman mengatakan pengerjaan drainase dan pengaspalan akan dikerjakan secara bertahap. Pengerjaan fisik untuk jalan, rencana akan dimulai tahun 2022 mendatang.

Saat ini, rintisan saluran Jalan Tun Abdul Razak sementara masih dalam proses pengerukan. Dia pun meminta seluruh warga yang melintas untuk bersabar dan diharapkan mendukung seluruh pihak atas perbaikan jalan ini.

"Yang jelasnya harus mengikuti ini (desain). Di situ juga ada beberapa rumah masih masuk pekarangannya di luar. Bukan dibebaskan tapi memang ditertibkan," katanya.

Baca Juga: Daftar Daerah yang Terdampak Banjir di Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya