Pemkot Makassar Belum Alokasikan Anggaran Pilkada 2024, Ini Alasannya

Menunggu asistensi dan konsultasi dengan Pemprov Sulsel

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar belum menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada 2024. Artinya, Pemkot belum menyepakati anggaran Pilkada 2024.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, menyebut anggaran Pilkada 2024 cukup besar. Karena itu, pihaknya masih memenunggu asistensi dan konsultasi dari provinsi terlebih dahulu.

"Dalam tata cara keuangan kan ada asistensi dari provinsi, kita menunggu asistensi. Tidak lama kok tergantung teman-teman di provinsi kalau lebih cepat," kata Danny di sela rapat koordinasi terkait Pemilu 2024 di Hotel Claro Makassar, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga: Polda Sulsel Petakan 5 Potensi Kerawanan Pemilu 2024

1. Danny klaim tidak ada masalah

Pemkot Makassar Belum Alokasikan Anggaran Pilkada 2024, Ini AlasannyaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny pun memastikan pihaknya akan segera menyepakati anggaran Pilkada 2024 dan menandatangani NPHD. Hanya saja, dia mengaku belum mengetahui persis jumlah anggaran Pilkada terlebih timnya masih menunggu pembahasan APBD Pokok.

"Tetapi NPHD itu tidak ada masalah bagi kita. Intinya prosedur keuangan harus dilakukan, asistensi, konsultasi," kata Danny.

2. Pemda wajib anggarkan 40 persen dari APBD Perubahan 2023

Pemkot Makassar Belum Alokasikan Anggaran Pilkada 2024, Ini Alasannyailustrasi anggaran (IDN Times/Aditya Pratama)

Pemerintah daerah memang diinstruksikan menyiapkan anggaran Pilkada sebesar 40 persen dari APBD Perubahan tahun anggaran 2023. Kemudian dilanjutkan lagi sebesar 60 persen dari APBD Pokok 2024.

"Ini bukan untuk didiskusikan tapi dilaksanakan. Udah jelas perintahnya dari pemerintah pusat," kata Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin dalam kesempatan yang sama.

3. Baru dua daerah yang sepakati anggota Pilkada

Pemkot Makassar Belum Alokasikan Anggaran Pilkada 2024, Ini AlasannyaBupati Gowa Adnan Puritha Ichsan tandatangani NPHD di Baruga Karaeng Galesong, Jumat (29/9/2023). IDN Times/Istimewa

Sejauh ini, baru dua daerah di Sulsel yang telah menyepakati anggaran Pilkada 2024 dengan menandatangani NPHD. Dua daerah itu yakni Kabupaten Gowa dan Maros.

Bahtiar pun telah mewanti-wanti semua daerah yang belum menyepakati anggaran Pilkada 2024 agar segera merampungkannya. Namun dia berharap semua daerah telah rampung bulan Oktober ini.

"Prinsip semua sudah menganggarkan. Insyaallah bulan ini kita selesaikan NPHD-nya satu per satu," kata Bahtiar.

Baca Juga: Danny Pomanto Larang ASN Pemkot Makassar Pakai Gas Elpiji 3 Kg

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya