PDI Perjuangan Ajukan 50 Bacaleg ke KPU Makassar

Keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) mengajukan daftar nama 50 bakal calon legislatif DPRD Kota Makassar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar di Jalan Antang, Kamis (11/5/2023). Mereka tiba di di kantor KPU dengan diiringi pertunjukan adat.

Ketua DPC PDI Perjuangan Makassar, Andi Suhada Sappaile, mengatakan pihaknya datang untuk menyerahkan dokumen bacaleg yang didaftarkan ke KPU. Dokumen yang diserahkan pun dinyatakan lengkap 100 persen.

"Pertama kali ini PDI Perjuangan merupakan partai pertama yang melengkapi di Kota Makassar," kata Suhada di hadapan awak media.

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg, PDIP Sulsel Target 15 Kursi DPRD Sulsel

1. Targetkan kemenangan hattrick untuk PDIP

PDI Perjuangan Ajukan 50 Bacaleg ke KPU MakassarIlustrasi - Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas PDIP pada Selasa (21/6/2022). (dok. PDIP)

Suhada mengatakan ini merupakan langkah yang baik dari parpol. Pasalnya, mereka sudah bekerja keras setiap hari demi melengkapi dokumen yang dipersyaratkan.

Sejak pagi, mereka telah berangkat dengan menggunakan bentor dari kantornya di Jalan Serigala dan tiba di kantor KPU Makassar sekitar pukul 11.00 WITA. Menurut Suhada, tak ada rintangan berarti selama perjalanan. Karena itu, dia menganggap hal ini sebagai pertanda baik untuk meraih kemenangan ketiga kalinya bagi PDIP di Pemilu.

"Partai momor 3 akan menjadi hattrick nomor 3, utamanya di Kota Makassar. Terima kasih atas partisipasinya. Kita menangkan partai kebanggaan kita," kata Suhada yang diiringi teriakan takbir dari para bacaleg.

2. Keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen

PDI Perjuangan Ajukan 50 Bacaleg ke KPU MakassarPDIP mengajukan daftar bacaleg ke KPU Makassar, Kamis (11/5/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

DPC PDI Perjuangan Kota Makassar mengajukan 50 bacaleg dengan rincian 9 bacaleg dari Dapil I. Kemudian, 10 bacaleg dari Dapil II, 11 bacaleg dari Dapil III, 10 bacaleg dari Dapil IV, dan 10 bacaleg dari Dapil V.

Dari jumlah tersebut, jumlah keterwakilan bacaleg perempuan rupanya melebihi 30 persen yakni sekitar 18 orang. Menurut Suhada, hal ini menunjukkan bahwa partisipasi perempuan terhadap politik cukup besar.

"Selama ini memang yang 30 persen mewakili perempuan tapi ternyata peminatnya di Makassar sangat besar. Wanita juga tidak kalah dengan laki-laki," katanya.

3. Dokumen dinyatakan lengkap 100 persen

PDI Perjuangan Ajukan 50 Bacaleg ke KPU MakassarKomisioner KPU Makassar Gunawan Mashar. IDN Times/Asrhawi Muin

Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar, mengatakan PDI Perjuangan datang sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Setelah memeriksa semua dokumen yang diserahkan, KPU menyatakan dokumen PDI Perjuangan lengkap 100 persen.

Dokumen yang dimaksud antara lain yaitu dokumen jumlah bacaleg setiap dapil, presentase keterwakilan perempuan, hingga dokumen B yang telah disetujui DPP.

"Kalau saat pengajuan itu memang yang diajukan adalah persyaratan dokumen yang mereka unggah dalam Silon. Setelah lengkap, ada dokumen fisik yang akan mereka unggah, kemudian mereka bawa ke sini," kata Gunawan.

Baca Juga: KPU Makassar Imbau Parpol Tak Tunggu Hari Terakhir Daftarkan Bacaleg

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya