Pascabencana Gempa, PLN Pulihkan Aliran Listrik di Majene dan Mamuju

463 gardu distribusi berhasil dinyalakan

Makassar, IDN Times - Pascabencana gempa berkekuatan Magnitudo 6.2 di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) segera memulihkan aliran listrik untuk masyarakat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid, menyampaikan hingga Jumat (15/1/2021), PLN telah memulihkan 463 Gardu Distribusi dari total 872 Gardu Distribusi yang terdampak bencana gempa di Majene dan Mamuju.   

“Kami terus berupaya agar listrik dapat segera menyala. Tim saat ini sedang berupaya di lapangan untuk melakukan pemulihan, ditambah dari beberapa daerah juga akan bergabung membantu pemulihan. Mohon doanya agar semua lancar,” katanya.

1. Sebanyak 123 petugas PLN diterjunkan

Pascabencana Gempa, PLN Pulihkan Aliran Listrik di Majene dan MamujuPetugas memperbaiki gardu distribusi usai gempa di Mamuju Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Dok. PLN

Gempa yang terjadi dinihari itu menyebabkan aliran listrik di sebagian wilayah Sulawesi Barat terputus. Awaluddin menyebutkan sebanyak 872 Gardu Distribusi di Kabupaten Majene dan Mamuju padam. 

Oleh karena itu, PLN segera menerjunkan petugas untuk menormalkan kembali aliran listrik di wilayah tersebut.

"Total 123 personel diterjunkan untuk memulihkan kelistrikan terdampak gempa tersebut," katanya.

2. Personel tambahan dikirim untuk membantu upaya pemulihan

Pascabencana Gempa, PLN Pulihkan Aliran Listrik di Majene dan MamujuSebuah mobil dan bangunan rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). ANTARA/Akbar Tado

Untuk membantu upaya pemulihan, PLN juga mengirimkan personil tambahan yang berasal dari Pinrang, Parepare, Palopo dan Palu. Bukan hanya personel, tapi perlengkapan dan material seperti genset kapasitas kecil, lampu emergensi, mobil layanan teknik, juga turut dikerahkan ke daerah-daerah terdampak gempa.  

Selain itu, PLN juga membuka 3 posko dapur umum di Majene dan Mamuju untuk membantu korban terdampak gempa. Posko itu yakni di Rumah BUMN Majene, Kantor Pelayanan PLN Onang Majene, dan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Mamuju.

Baca Juga: Gempa di Sulbar, BPBD Majene Laporkan Tiga Korban Jiwa

3. Fasilitas publik mendapat prioritas pemulihan listrik

Pascabencana Gempa, PLN Pulihkan Aliran Listrik di Majene dan MamujuWarga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Kini aliran listrik di sejumlah fasilitas layanan publik seperti rumah sakit, tempat penampungan pengungsi, dan instalasi air bersih sudah normal kembali setelah sebelumnya padam.

“Listrik untuk fasilitas umum yang digunakan untuk penanganan gempa bumi ini tentu akan menjadi prioritas utama, termasuk gedung pemerintahan,” ucap Hafid.

Baca Juga: BPBD Imbau Warga Majene dan Mamuju Waspada Gempa Susulan dan Tsunami

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya