Pasar Sentral Makassar Terbakar, Danny Minta Bangun Lapak Sementara

Pedagang bakal diberikan bantuan material

Makassar, IDN Times - Pasar Sentral di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), terbakar pada Selasa 27 Desember 2022, malam. Akibatnya, sebanyak 931 los atau kios ludes dilahap di jago merah.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto pun berjanji akan segera membantu para pedagang agar mereka bisa kembali berjualan. Dia mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar memberikan bantuan berupa material untuk membangun lapak sementara pedagang.

"Kita tadi cek di PU, ada biaya yang bisa untuk peruntukan material bagi mereka karena mereka sendiri yang bikin. Paling tidak meringankan bagi mereka," kata Danny saat mengunjungi lokasi kebakaran, Rabu (28/12/2022).

1. Danny ingatkan sistem keamanan

Pasar Sentral Makassar Terbakar, Danny Minta Bangun Lapak SementaraWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau lokasi kebakaran di Pasar Sentral, Rabu (28/12/2022). Dok. Pemkot Makassar

Danny pun sangat menyayangkan insiden berulang ini. Seperti diketahui, kebakaran Pasar Sentral bukan kali pertama. Hal serupa pernah terjadi pada 28 Juni 2011. Kemudian, terjadi lagi pada 6 November 2013.

Tak berhenti sampai di situ, pasar ini kembali kebakaran pada 13 Januari 2014. Lalu, kebakaran kembali terjadi pada 7 Mei 2015 hingga terbaru kebakaran pada 27 Desember 2022 kemarin.

Insiden kebakaran yang berulang ini, kata Danny, harus menjadi pelajaran. Sistem keamanan pasar harus ditingkatkan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

"Kita meningkatkan sistem keamanan pasar harus menjadi bagian penting terutama tentang kebakaran. Maka tadi sistem APAR (alat pemadam api ringan), sistem buka tutup harus dilaksanakan," kata Danny.

2. Pedagang bakal direlokasi

Pasar Sentral Makassar Terbakar, Danny Minta Bangun Lapak SementaraKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Direktur Utama Perumda Pasar Karya Makassar, Ichsan Abduh Hussein, mengatakan pihaknya akan membahas hal ini secara teknis sambil menunggu data hasil penyelidikan pihak kepolisian. 

"Kita mau bahas secara teknis sebagaimana penyampaian Bapak Wali Kota sambil menunggu data dari kepolisian yang tengah melakukan olah TKP," ujarnya. 

Untuk saat ini, pihaknya masih akan membahas rencana relokasi pedagang. 

"Tadi juga pak Wali sudah ada imbauan dan akan segera direlokasi. Rencananya di jalan KH. Ramli tapi kita tata dulu dan dikoordinasikan ke pihak Polres Pelabuhan dalam hal ini bagian pengaturan laulintas," katanya.

3. Pedagang bakal diberi bantuan material

Pasar Sentral Makassar Terbakar, Danny Minta Bangun Lapak SementaraKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Makassar Zuhaelsi Zubir mengatakan akan menindaklanjuti instruksi wali kota. Bantuan itu menggunakan pos anggaran APBD 2023 melalui Bidang Pemeliharaan Bangunan Gedung.

“Kami dari Dinas PU membantu dari pengadaan material los yang terbakar. Material yang kita bantu seperti seng, karena inikan swadaya mereka yang bangun sendiri,” kata Elsi.

Baca Juga: Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Sentral Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya