PAN Sulsel Dorong Amran Sulaiman Pimpin Tim Prabowo-Gibran di Sulsel

Tim pemenangan sebaiknya dipimpin oleh tokoh Sulsel

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Sulawesi Selatan mendorong Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman agar memimpin tim pemenangan daerah (TPD) bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Sejauh ini, belum ada ketua TPD Prabowo-Gibran di Sulsel.

Wakil Ketua DPW PAN, Andi Irwandi Natsir, mengatakan pasangan Prabowo dan Gibran didukung oleh gabungan partai besar seperti Gerindra, PAN, Golkar dan Demokrat. Karena itu, mereka berharap ketua tim dipimpin oleh tokoh Sulsel.

"Ada beberapa orang saya kira yang mumpuni di sini. Salah satunya adalah Andi Amran Sulaiman. Dia ini adalah sosok tokoh yang kita harapkan bisa meraih kemenangan tim Prabowo di Sulawesi Selatan," kata Irwandi, Senin (30/10/2023).

Baca Juga: Danny Pomanto Bakal Mundur dari Ketua Pemenangan Ganjar-Mahfud Sulsel

1. Amran diyakini mampu merekatkan partai

PAN Sulsel Dorong Amran Sulaiman Pimpin Tim Prabowo-Gibran di SulselPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat menjalani tes pemeriksaan kesehatan sebagai capres-cawapres di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat (26/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Keyakinan PAN itu karena melihat bahwa Amran telah menghadirkan Prabowo di Sulsel dalam acara jalan sehat beberapa waktu lalu. Hal ini dianggap sebagai bukti bahwa Amran mampu menjadi ketua tim pemenangan untuk Prabowo-Gibran di Sulsel.

"Oleh karena itu, salah satu identifikasi kita berharap Pak Amran sudah menjadi perekat di antara semua partai-partai besar," kata Irwandi.

2. Faktor ketokohan hingga kemampuan finansial jadi pertimbangan

PAN Sulsel Dorong Amran Sulaiman Pimpin Tim Prabowo-Gibran di SulselKoalisi Indonesia Maju dan capres yang didukung Prabowo Subianto ketika bertemu di rapat konsolidasi perdana pada 14 September 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Selain karena faktor ketokohan, PAN juga menilai Amran sebagai figur yang yang memahami Sulawesi Selatan. Dengan begitu, PAN menganggap Amran mempunyai jejaring yang luas serta kemampuan finansial yang mumpuni.

"Kemampuan manajerial beliau sebagai mentan dan sebagai Ketua IKA (Unhas) juga. Jadi banyak hal nilai tambah yang bisa berharap kepada beliau sebagai ketua tim pemenangan Prabowo di Sulsel," kata Irwandi.

3. PAN ingin ketua tim pemenangan bukan orang partai

PAN Sulsel Dorong Amran Sulaiman Pimpin Tim Prabowo-Gibran di SulselKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) mengajari putra Jokowi, Gibran Rakabumi Raka (kiri) berkuda di Hambalang, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dokumentasi Prabowo)

Setelah diumumkannya Prabowo-Gibran sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024, maka PAN bersama partai koalisi lainnya akan segera bergerak. Namun menurut Irwandi, figur ketua tim pemenangan sebaiknya orang dari luar partai koalisi.

"Bagi kita di PAN yang terpenting adalah pak Prabowo bisa menang. Siapa pun tokohnya apakah dari PAN, dari partai lain, tapi kita berharap orang luar, orang yang tidak berafiliasi dengan partai sehingga pemenangan ini bisa merekatkan semuanya," kata Irwandi.

Baca Juga: Demokrat Sulsel: Prabowo Menjemput Takdir Jadi Presiden

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya