Comscore Tracker

Nilai Bonus Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games 2021 Belum Disepakati

Para atlet bakal dapat bonus berupa uang tunai

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan bonus bagi atlet asal Suls jangan berhasil mendapatkan medali pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Sejauh ini, tercatat ada 13 atlet asal Sulsel yang berhasil menyabet medali pada ajang tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis, mengatakan para atlet tersebut akan diberikan bonus berupa uang tunai. Namun dia belum mau membeberkan total nilai maupun rincian bonus yang akan diserahkan kepada para atlet.

"Rencana, hari ini kami rampungkan. Insyaallah besok kami akan mengajukan daftar usulan tersebut untuk mendapat persetujuan oleh Pak Gubernur," ujar Arwin saat diwawancarai IDN Times melalui telepon, Kamis (24/5/2022).

1. Belum ada besaran bonus yang disepakati

Nilai Bonus Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games 2021 Belum DisepakatiTrio karateka Sulsel meraih medali emas di SEA Games Vietnam. (Dok. Istimewa)

Arwin meyakinkan bahwa Pemprov Sulsel pasti memberikan apresiasi kepada atlet berprestasi. Bonus dari Pemprov ini berupa uang tunai yang besarannya belum disebutkan.

Bonus berupa uang tunai itu, kata dia, dikarenakan SEA Games merupakan ajang olahraga internasional di mana para atlet mewakil Indonesia dan bukan level provinsi. Namun dalam hal ini Pemprov tetap memberikan bonus sebagai stimulus bagi atlet sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka.

"Kami hanya memberikan semacam stimulan sebagai penyemangat agar mereka merasa bahwa daerah asal mereka juga memberikan perhatian terhadap prestasi yang telah dipersembahkan," katanya.

2. Besaran bonus disesuaikan kondisi keuangan daerah

Nilai Bonus Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games 2021 Belum DisepakatiPedayung Sulawesi Selatan, Sulfianto, saat bertanding di cabor dayung canoeing nomor Men's Single Sculls (M1X) yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Selasa 5 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Robertus Pudyanto)

Arwin mengatakan besaran bonus untuk masing-masing atlet masih harus menunggu arahan dari gubernur dengan tetap mempertimbangkan keuangan daerah. Apalagi pada SEA Games kali ini, cukup banyak atlet asal Sulsel yang menyumbangkan medali.

Dia menegaskan Pemprov juga memberikan bonus bagi atlet yang berlaga pada SEA Games Filipina 2019 lalu. Namun atlet yang mendapatkan medali tak sebanyak tahun ini.

"Alhamdulilah terjadi banyak peningkatan karena ada beberapa cabang olahraga dan atlet yang meraih terutama medali emas sehingga kami sudah merampungkan daftar usulan untuk penerima bonus dan jumlah bonus yang akan diajukan kepada gubernur," kata Arwin.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Lifter Rahmat Erwin Raih Emas SEA Games

3. Pemprov tak berikan bonus dalam bentuk lain

Nilai Bonus Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games 2021 Belum DisepakatiPlt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyerahkan secar simbolis bonus kepada Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya. Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Dalam hal ini, Pemprov Sulsel hanya memberikan uang tunai dan tidak ada bonus lainnya. Biasanya bonus dalam bentuk lain diberikan oleh pemerintah pusat selaku pihak yang memberikan pembinaan langsung.

Event olahraga berskala internasional seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dengan begitu, mereka jugalah yang berwenang memberikan bonus yang lebih besar.

"Nilainya bisa jauh lebih besar. Bisa ada tambahan-tambahan. Kami tetap memberikan apresiasi namun jumlahnya tentu tidak sama dengan jumlah yang diberikan pemerintah pusat," katanya.

Baca Juga: Usai Raih Emas SEA Games, Rahmat Erwin Bakal Jadi PNS

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya