Mudik Lebaran, Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Tembus 408 Ribu

Meningkat 518,6 persen dari tahun 2021

Makassar, IDN Times - Jumlah pergerakan selama arus mudik lebaran 2022 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, hingga saat ini telah melampaui 400 ribu penumpang dengan lebih dari 3.000 penerbangan.

Berdasarkan data dari laporan posko monitoring angkutan lebaran tahun 2022 Bandar Sultan Hasanuddin, jumlah pergerakan penumpang di bandara tersebut secara kumulatif mencapai 403.231 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 3.256 penerbangan. 

Data tersebut merupakan akumulasi selama 12 hari sejak H-7 hingga H+5 lebaran atau 25 April-8 Mei 2022.

1. Aktivitas bandara meningkat dari tahun lalu

Mudik Lebaran, Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Tembus 408 RibuBandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 16 April 2021. IDN Times/Irwan Idris

Jumlah penumpang meningkat 518,6 persen dibandingkan masa mudik lebaran tahun 2021 lalu, di mana tercatat hanya 65.996 penumpang. Demikian halnya dengan pergerakan pesawat yang naik 203,6 persen dibandingkan tahun lalu yaitu 958 penerbangan.

Untuk aktivitas kargo, tidak terlalu terlihat peningkatan signifikan. Tahun ini, tercatat ada 2.803.543 pergerakan kargo. Sedangkan tahun lalu ada 2.301.174 kargo. 

Namun aktivitas kargo memang tidak terlalu terdampak pandemik COVID-19. Berbeda dengan pergerakan penumpang yang sangat terdampak akibat sejumlah pembatasan dan aturan ketat selama masa tanggap darurat COVID-19.

2. Dampak dari pelonggaran aturan pembatasan

Mudik Lebaran, Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Tembus 408 RibuSuasana area terminal kedatangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Kenaikan jumlah penumpang tersebut telah diprediksi sebelumnya. Pasalnya, tahun ini pemerintah telah membolehkan masyarakat mudik setelah selama dua tahun pandemik tidak boleh mudik.

Belum lagi dilonggarkannya sejumlah aturan penerbangan seperti tidak diwajibkannya tes PCR maupun swab antigen bagi penumpang yang telah divaksinasi hingga dosis ketiga.

"Rata-rata jumlah penumpang saat ini mencapai 25.000 orang per hari," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto.

Baca Juga: Vaksinasi Lengkap, Penumpang Pesawat di Bandara Makassar Tak Wajib PCR

3. Bandara tak mengalami kesulitan

Mudik Lebaran, Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Tembus 408 RibuKondisi penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Senin (14/3/2022). Dok. Humas Bandara Sultan Hasanuddin.

Iwan mengaku tidak terlalu banyak tantangan meskipun mudik baru dibolehkan tahun ini. Hal itu karena pihak bandara telah mempersiapkan diri sejak jauh hari. 

Dengan begitu, kesulitan yang kemungkinan bisa dihadapi dapat diminimalisir seawal mungkin.

"Tantangannya kenaikan jumlah penumpang dibanding tahun lalu yang gak boleh mudik, namun kami sudah menyiapkan personil dan peralatan yang memadai untuk menghadapi arus balik," kata Iwan.

Baca Juga: Penumpang Arus Mudik Lebaran di Bandara Makassar Capai 282 Ribu Orang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya