Menkes Minta Sulsel Prioritaskan Vaksinasi untuk Lansia

Capaian vaksinasi lansia di Sulsel masih rendah

Makassar, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, meninjau kegiatan vaksinasi massal di Trans Mall Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/11/2021). 

Dalam kesempatan itu, Budi menekankan kepada pemerintah setempat supaya vaksinasi harus digenjot untuk kelompok rentan seperti warga lanjut usia atau lansia. Pasalnya, kelompok lansia termasuk kelompok yang paling banyak masuk rumah sakit tapi masih minim capaiannya vaksinasinya.

"Vaksinasi lansia harus digenjot karena kita harus melindungi mereka. Vaksinasi cepat. Karena sekarang masih 40 persen. Itu yang berisiko paling tinggi," kata Budi kepada wartawan.

1. Vaksinasi kunci menuju herd immunity

Menkes Minta Sulsel Prioritaskan Vaksinasi untuk LansiaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (baju putih) meninjau vaksinasi massal di Trans Mall Makassar, Selasa (2/11/2021). IDN Times/Istimewa

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Budi juga menyebutkan soal herd immunity atau kekebalan kelompok. Dia menyebutkan bahwa herd immunity akan terbentuk apabila 70 persen penduduk Indonesia telah divaksinasi.
 
Budi menjelaskan herd immunity setidaknya bisa membantu meminimalisir dampak jika seseorang terpapar COVID-19. Vaksinasi adalah kunci utama menuju herd immunity.

"Yang paling penting balik lagi protokol kesehatan sama surveilans-nya harus benar. Itu semua tergantung kita. Nggak mungkin pemerintah jalan sendiri kalau rakyatnya tidak disiplin," ujarnya.

2. Sulsel sulit jangkau daerah terpencil

Menkes Minta Sulsel Prioritaskan Vaksinasi untuk LansiaIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, menyebutkan bahwa vaksinasi lansia di wilayahnya juga masih rendah. Berdasarkan data Satgas COVID-19 Sulsel per Minggu 31 Oktober 2021 lalu, capaian vaksinasi untuk lansia baru 17,97 persen untuk dosis pertama dan 11,93 persen untuk dosis kedua.

Arman mengaku pihaknya terus berupaya menggenjot vaksinasi termasuk dengan melibatkan masyarakat hingga TNI-Polri. Karena masalah yang ada sekarang, kata dia, adalah sulitnya mengakses daerah pesisir.

"Karena 40 persen vaksinasi sekarang di penduduk ibu kota kabupaten maupun ibu kota provinsi. Gampang sekali mendapat sasaran sekarang. Ketika kita mulai masuk ke desa-desa, sudah sulit," kata Arman yang juga turut mendampingi Menkes.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Jeneponto Terendah di Sulsel

3. Capaian vaksinasi Sulsel masih rendah

Menkes Minta Sulsel Prioritaskan Vaksinasi untuk LansiaIlustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Arman mengatakan bahwa Plt Gubernur Sulsel akan menggelar pertemuan dengan 24 kabupaten/kota untuk mencari jalan keluar supaya mencapai target vaksinasi.

Dia pun berharap bahwa kegiatan vaksinasi massal bisa turut andil dalam mempercepat tercapainya sasaran vaksinasi.

"Capaian vaksinasi per hari ini 41 persen dari target. Tapi masih ada sekitar 14 kabupaten yang memang rendah di bawah 40 persen," katanya.

Baca Juga: Menkes Budi Bakal Blak-Blakan Buka Data Atasi Klaster Sekolah 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya