Meningkat, Investasi Sulsel Triwulan I 2023 Tembus Rp3 Triliun

Meningkat sebesar Rp901 miliar dibanding ttahun 2022

Makassar, IDN Times - Indikator pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menunjukkan tren positif. Setelah sebelumnya inflasi terus menurun bahkan lebih rendah dari nasional, nilai investasi di Sulsel juga naik signifikan.

Pada triwulan pertama tahun 2023, angka realisasi investasi di Sulsel secara keseluruhan berada di angka Rp3,045 triliun. Nilai ini meningkat sebesar Rp901 miliar dari periode yang sama tahun 2022 lalu. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyebut peningkatan ini sebagai lompatan luar biasa. 

"Alhamdulillah, memang ini banyak animo untuk investasi, apalagi Sulsel ini termasuk wilayah yang memiliki potensi yang luar biasa. Tahun kemarin luar biasa lompatannya, tahun ini juga luar biasa lompatan investasinya dibanding target meningkat pesat," kata Sudirman, Minggu  (14/5/2023).

1. Melebihi target investasi RMPJMD tahun 2022

Meningkat, Investasi Sulsel Triwulan I 2023 Tembus Rp3 TriliunIlustrasi Investasi (idntimes.com)

Realisasi investasi Sulsel pada triwulan I tahun 2022 lalu yaitu Rp14,258 triliun. Dengan peningkatan signifikan pada triwulan pertama ini, maka menunjukkan bahwa nilai itu berhasil melebihi target RPJMD Tahun Anggaran 2022 untuk invstasi senilai Rp9 triliun.

Adapun realisasi investasi ini terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) senilai Rp2,424 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp803 triliun. Realisasi tertinggi disumbang oleh sektor usaha penanaman modal pertambangan sebesar Rp458 miliar, disusul Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi sebesar Rp403 miliar dan Industri Logam sebesar Rp375 miliar.

2. Gubernur klaim Sulsel akan jadi primadona invetasi

Meningkat, Investasi Sulsel Triwulan I 2023 Tembus Rp3 TriliunGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Melihat tren yang ada, Sudirman mengklaim Sulsel akan menjadi primadona investasi ke depannya. Terlebih lagi hal ini didukung pembangunan infrastruktur dan pendukung yang ada.

"Sejak akses-akses diperlancar, kemudian sudah mulai pembangunan infrastruktur kita galakkan kembali, pembangunan desa dan wisata juga sudah bagus," kata Sudirman.

3. Pemprov dorong kemudahan perizinan dalam investasi

Meningkat, Investasi Sulsel Triwulan I 2023 Tembus Rp3 TriliunIlustrasi pertumbuhan investasi.

Pemprov Sulsel, kata Sudirman, juga terus berupaya dalam memberikan kemudahan perizinan dalam investasi. Namun meski mendorong sebagai daerah yang ramah investasi, Sudirman juga menekankan, agar investor memberdayakan masyarakat sekitar dalam membuka lapangan pekerjaan.

"Kita (Pemprov Sulsel) terus berupaya untuk menarik calon investor baik luar maupun dalam negeri dengan memberikan jaminan kemudahan perizinan dalam berinvestasi, Sulawesi Selatan ramah investasi," katanya.

Baca Juga: Sulsel Targetkan Investasi pada 2023 Capai Rp10,7 Triliun

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya