Mendag Sebut Harga Sembako di Makassar Terlalu Murah

Mendag Zulkifli Hasan kunjungi Pasar Terong Makassar

Makassar, IDN Times - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (3/5/2023). Dia menyebut harga kebutuhan pokok di sana stabil, bahkan cenderung lebih murah daripada daerah lainnya.

Dalam tinjauan tersebut, Zulkifli mendatangi langsung sejumlah pedagang bahan pangan. Dari tinjauan tersebut, dia mendapati harga-harga jauh lebih murah daripada yang dia temukan saat meninjau di Jayapura, Papua, kemarin.

"Di Jayapura juga harga-harga sembako, barangnya banyak, harga stabil bahkan cenderung turun. Saya juga ke Sorong. Hari ini ke Makassar Pasar terong, di sini bahkan terlalu murah," kata Zulkifli.

Baca Juga: Arus Balik, Penumpang di Pelabuhan Makassar Naik 143 Persen

1. Mendag temukan harga masih stabil

Mendag Sebut Harga Sembako di Makassar Terlalu MurahMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Rabu (3/5/2023). IDN Times/Istimewa

Dari pantauannya, telur dijual seharga Rp26 ribu per kilogram. Kemudian cabai merah Rp25 ribu per kilogram atau turun dari harga Rp35 ribu per kilogram. Bawang merah dijual seharga Rp35.000 per kilogram atau masih stabil.

Sementara menurut Zulkifli, harga daging ayam masih sedikit lebih mahal yakni Rp40 ribu per kilogram.

"Terus, beras standar, bawang murah, cabai sampai Rp25 ribu. Jadi, minyak goreng banyaklah Rp14 ribu," kata Zulkifli.

2. Ketersediaan sembako lebih dari cukup

Mendag Sebut Harga Sembako di Makassar Terlalu MurahBahan pangan pokok di Pasar Terong Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Fluktuasi harga saat ini masih terbilang stabil sejak sebelum lebaran. Zulkifli berharap kondisi tetap bertahan menyusul tersedianya semua kebutuhan pangan pokok untuk masyarakat.

"Kita syukur mulai sebelum lebaran, setelah lebaran ketersediaan sembako lebih dari cukup, banyak dan harga-harganya juga stabil," kata Zulkifli.

Kemendag pun akan terus memastikan stabilitas harga dan pasokan bahan pokok di seluruh daerah. 

3. Pasokan Minyakita bakal ditambah

Mendag Sebut Harga Sembako di Makassar Terlalu MurahIlustrasi Minyakita. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Zulkifli juga sempat disinggung mengenai rencana Presiden Joko Widodo yang akan menambah pasokan Minyakita untuk Sulsel. Presiden memang menyatakan demikian saat memantau Pasar Tramo di Kabupaten Maros, bulan April 2023 lalu.

Terkait hal ini, Zulkifli tak berkomentar banyak. Dia hanya menegaskan bahwa pihaknya telah memfasilitasi Sulsel dengan tambahan pasokan Minyakita sesuai permintaan Presiden Jokowi.

"Iya sudah banyak," kata Zulkifli singkat.

Baca Juga: KPU Makassar: Keterwakilan Caleg Perempuan 30 Persen di Pemilu 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya