Membaik, 37 Korban Kebakaran TSM Makassar Telah Keluar Rumah Sakit

Masih ada 4 orang dirawat inap

Makassar, IDN Times - Kondisi 37 korban kebakaran Trans Studio Makassar pada Senin 24 April 2023 lalu telah membaik. Mereka pun pulang ke rumah masing-masing udah dirawat di rumah sakit.

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, di Anjungan Pantai Losari, Rabu (26/4/2023).

“Sudah keluar semua, sudah sehat,” kata Hendra.

1. Sebagian besar korban langsung pulang

Membaik, 37 Korban Kebakaran TSM Makassar Telah Keluar Rumah SakitKebakaran di Trans Studio Mal (TSM) Makassar. (Istimewa)

Hendra memastikan seluruh korban ditangani dengan baik. Sebagian besar korban dirawat di rumah sakit Siloam, Jalan metro tanjung bunga karena merupakan rumah sakit terdekat dari lokasi kebakaran.

“Karena sudah pulang kami juga pos kami dikembalikan, dari laporan sebagian besar mengalami sesak nafas dan ada juga pingsan langsung siuman,” kata Hendra.

Saat insiden kebakaran terjadi, ada beberapa pengunjung yang sempat pingsan karena sesak napas. Namun sebagian besar dari mereka langsung pulang setelah sadar sehingga tidak dirawat di rumah sakit.

“Jadi di hari saat terjadi kebakaran langsung pulang, karena sudah siuman,” katanya.

2. Hanya 4 korban yang jalani rawat inap

Membaik, 37 Korban Kebakaran TSM Makassar Telah Keluar Rumah SakitTangkapan layar video Trans Mall Makassar kebakaran. Istimewa

Meski sudah banyak korban yang pulang, namun masih ada 4 korban lagi yang tengah dirawat. Keempat korban ini masih membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Keempat korban ini harus menjalani rawat inap. Sementara korban lainnya hanya mendapatkan perawatan di rumah sakit namun tidak sampai rawat inap.

“Beberapa tidak ditangani langsung di bawa ke RS tapi per hari itu juga pulang jadi rawat inap cuman 4 orang,” kata Hendra.

Baca Juga: Kebakaran TSM Makassar, Bangunan Mal Harus Perhatikan Mitigasi Bencana

3. Pemkot tanggung biaya rumah sakit

Membaik, 37 Korban Kebakaran TSM Makassar Telah Keluar Rumah SakitKebakaran di Trans Studio Mall Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (24/4/2023)/Istimewa

Sementara itu, Pemerintah Kota Makassar menanggung biaya pengobatan korban kebakaran Trans Studio Mal Makassar. Hal itu disampaikan langsung Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto saat meninjau lokasi kebakaran.

"Biaya semua ditanggung pemerintah kota. Kita evakuasi ke rumah sakit terdekat," kata Danny.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran melanda kilang pusat perbelanjaan Trans Studio Makassar pada Senin petang sekitar pukul 18.40 WITA. Akibatnya, puluhan korban dilarikan ke rumah sakit. Namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Baca Juga: Manajemen Trans Studio Klaim Pemadam Otomatis Berfungsi saat Kebakaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya