Kebakaran TSM Makassar, Bangunan Mal Harus Perhatikan Mitigasi Bencana

Jalur evakuasi pengunjung mal TSM Makassar jadi sorotan

Makassar, IDN Times - Terbakarnya bagian gedung pusat perbelanjaan Trans Studio di Makassar, pada Senin, 24 April 2022 lalu cukup menghebohkan publik. Pasalnya, bangunan mal terbakar di saat masyarakat sedang menikmati liburan di sana.

Publik pun mempertanyakan tentang standar keamanan bangunan mal yang ideal. Hal ini lantaran ada beberapa hal yang menjadi sorotan saat peristiwa kebakaran terjadi, seperti water sprinkler atau alat pemadam api otomatis yang disebut tidak berfungsi dan korban yang terjebak di dalam lantaran jalur evakuasi tak jelas.

Pihak manajemen Trans Studio sempat menyatakan bahwa water sprinkler berfungsi dengan baik saat kebakaran terjadi. Begitu pun dengan sistem pemadam kebakaran otomatis lainnya seperti fire hydrant.

"Lengkap, berfungsi. Saya lihat, selangnya semua terbuka bahkan banjir di dalam," kata Direktur Utama (Dirut) Trans Kalla Makassar, Max Kambuan, Selasa (25/4/2023).

1. Memperhitungkan keselamatan orang

Kebakaran TSM Makassar, Bangunan Mal Harus Perhatikan Mitigasi BencanaIlustrasi mal. IDN Times/Masdalena Napitupulu

Terkait hal tersebut, Ahli Arsitektur Universitas Bosowa, Narsullah, mengatakan sebuah gedung atau bangunan publik seperti mal seharusnya dibangun dengan mengedepankan sistem mitigasi bencana yang baik. Minimal orang-orang di dalam tahu akan ke mana ketika terjadi bencana.

"Itu kan sudah ada aturannya untuk bangunan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Apalagi kalau bangunan publik seperti itu tentu kan memperhitungkan keselamatan," kata Nasrullah, Rabu (26/4/2023).

Pendirian bangunan sudah pasti mengedepankan asas keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi (K3). Kemudian, bangunan juga harus memiliki Sertifikat Laik Fungsi yang diberikan oleh pemerintah untuk menyatakan kelaikan fungsi bangunan sebelum dimanfaatkan. Dalam kasus Trans Studio ini, area yang terbakar merupakan bangunan baru.

"Itu yang kita pertanyakan karena ini kan sementara penambahan bangunan. Okelah kalau bangunan lama mungkin sudah ini tapi ini sementara dikerja dan sudah digunakan," katanya.

Baca Juga: Manajemen Trans Studio Klaim Pemadam Otomatis Berfungsi saat Kebakaran

2. Punya sistem pemadam kebakaran otomatis

Kebakaran TSM Makassar, Bangunan Mal Harus Perhatikan Mitigasi BencanaIlustrasi Alat Pemadam Api Ringan (Apar). (dok. ANTARA News)

Kemudian, dia juga menyoroti terkait water sprinkler yang disebut tidak berfungsi. Menurutnya, kemungkinan itu disebabkan karena bangunan masih dalam proses pengerjaan.

Seharusnya, setiap bangunan telah dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR) atau sistem pemadam kebakaran otomatis. 

"Kita lihat kebakaran kemarin itu kan sprinkle-nya tidak berfungsi. Dia punya alarm tidak berbunyi. Itu bisa dimaklumi karena memang kan bangunan masih dalam proses pengerjaan sedangkan ini sudah mau difungsikan," kata Nasrullah.

Baca Juga: Kebakaran di TSM Makassar, Polisi Antisipasi Pencurian Barang Toko

3. Harus ada jalur alternatif untuk evakuasi

Kebakaran TSM Makassar, Bangunan Mal Harus Perhatikan Mitigasi BencanaIlustrasi Jalur Evakuasi (IDN Times/Sunariyah)

Jalur evakuasi juga harus diperhitungkan dengan matang. Pasalnya, saat bencana terjadi maka lift ataupun eskalator tidak bisa digunakan sehingga orang akan menuruni tangga darurat.

"Itu kan harus diperhitungkan semua. Bagaimana mengevakuasi sebanyak mungkin atau berapa orang per menit. Itu ada hitung-hitungannya dalam sistem bagaimana tindakan mitigasinya tadi K3," kata Nasrullah.

Dalam kasus Trans Studio Makassar ini, kata Nasrullah, banyaknya pengunjung terjebak di dalam dikarenakan mereka hanya lari menuju satu pintu keluar. Padahal seharusnya dalam situasi darurat, harus ada jalur alternatif di luar pintu utama.

"Namanya saja kalau musibah begitu, volume kadang-kadang di luar perkiraan. Ketika terjadi kebakaran, begitu ada asap, pasti berlomba untuk keluar dengan jalur yang sama sehingga terjadi overload daya tampung untuk melewati tangga darurat," katanya.

Baca Juga: Pakar Hukum: TSM Makassar Bisa Dituntut soal Kasus Kebakaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya