Makassar Target 40.000 Dosis Vaksinasi COVID untuk Anak di Awal 2022

Makassar belum bisa vaksinasi anak

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan sebanyak 40.000 dosis vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun di awal tahun 2022. Saat ini, Makassar belum melaksanakan kegiatan vaksinasi tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah, mengatakan hal ini terjadi karena cakupan vaksinasi dosis pertama lansia baru 41 persen. 

"Karena syaratnya dari kementerian itu harus maksimal di atas 70 dan lansia di atas 60. Kalau kita kan sekarang 79 dan lansia kita masih 41 persen," kata Nursaidah, Kamis (16/12/2021).

1. Dinkes kejar vaksinasi lansia

Makassar Target 40.000 Dosis Vaksinasi COVID untuk Anak di Awal 2022Ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Dengan demikian, kata Nursaidah, bulan ini pihaknya akan mempercepat penuntasan vaksinasi COVID-19 untuk lansia agar target 60 persen dapat tercapai. Harapannya supaya di awal tahun 2022 nanti, vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun bisa segera terlaksana.

"Kan kita kejar dulu ketinggalannya kita toh. Setelah itu pastinya otomatis kementerian begitu melihat data kita, pastinya dialokasikan vaksin," katanya.

2. Masih banyak lansia takut divaksinasi

Makassar Target 40.000 Dosis Vaksinasi COVID untuk Anak di Awal 2022Ilustrasi klinik vaksinasi COVID-19. (Dok. ANTARA FOTO)

Sebelumnya, Nursadiah mengatakan, cakupan vaksinasi COVID-19 lansia di Makassar memang relatif lambat karena masih banyak lansia yang merasa takut disuntik vaksin COVID-19. Tak sedikit pula yang tidak didukung oleh keluarganya.

"Kendala untuk lansia biasanya ada dari keluarganya dan diri sendiri. Seperti keluarganya, masih banyak anaknya tidak mengizinkan divaksin serta ada yang tidak mau divaksin karena ketakutan," kata Nursaidah.

Baca Juga: Waspadai Penyebaran Omicron di Makassar, Danny Percepat Vaksinasi

3. Laskar Pelangi diwajibkan ajak 10 lansia

Makassar Target 40.000 Dosis Vaksinasi COVID untuk Anak di Awal 2022Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Untuk menggenjot vaksinasi lansia, Pemkot mewajibkan Laskar Pelangi (honorer) dan pejabat yang ikut seleksi lelang jabatan untuk mengajak lansia agar mau divaksinasi. Setiap orang diwajibkan mengajak minimal 10 orang. 

"Kita terkendala lansia, makanya mau digenjot lansia. Setelah itu, kementerian yang mau memberikan kita alokasi vaksin. Mudah-mudahan kita bisa laksanakan di awal tahun 2022," katanya.

Baca Juga: Dinkes Makassar akan Vaksinasi 179 Pemegang Sertifikat Vaksin Palsu

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya