Makassar Road Show Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun ke Seluruh Sekolah

Vaksinasi akan digelar serentak di sekolah-sekolah

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terus mengejar percepatan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Kali ini, Pemkot memassifkan vaksinasi di sekolah-sekolah.

Hal itu terlihat saat Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri peluncuran program road show vaksinasi COVID-19 untuk anak 6-11 tahun di SD Kristen Hati Kudus Rajawali dan SD Santo Yosep, Kamis (3/1/2022). Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Kapolda Sulsel Irjen Pol Nama Sundjana.

"Kami akan terus lakukan vaksinasi karena ini program nasional dan ini bagian dari perlindungan anak-anak kita," ujar Danny.

1. Sebanyak 30.129 anak di Makassar telah divaksinasi

Makassar Road Show Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun ke Seluruh SekolahSuasana vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SD Kristen Hati Kudus Rajawali Makassar, Kamis (3/2/2022). Humas Pemkot Makassar

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini, lanjut Danny, merupakan program nasional pemerintah dan telah menjadi bagian perlindungan bagi anak-anak, khususnya di Kota Makassar. Hingga saat ini, anak usia 6-11 tahun yang telah divaksinasi mencapai 30.129 orang. 

Program vaksinasi ini akan terus dilanjutkan mengingat pembelajaran tatap muka (PTM) telah berlangsung 100 persen. 

"Insyaallah hari ini ada 600 (anak) ditempat ini saja, dan ada 10 tempat, kemudian Kamis ini, serentak di seluruh sekolah-sekolah," jelasnya.

2. Percepatan vaksinasi terhadap anak-anak perlu dimaksimalkan

Makassar Road Show Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun ke Seluruh SekolahIlustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana berharap akselerasi percepatan vaksinasi terus dioptimalkan semaksimal mungkin terhadap anak-anak hingga lansia.

"Kalau masyarakat sudah vaksin kekebalan tubuh kita akan kuat, dosis pertama 10 sampai 20 persen dan dosis kedua mencapai 70 persen lebih. Booster akan menambah lagi anti bodi kita," katanya.

Untuk mencapai target vaksinasi 100 persen, kata dia, pemerintah daerah bersama TNI/Polri perlu memberikan pemahaman kepada orang tua siswa.

"Memang di sini perlunya sosialisasi dan ini sudah dari pemda dan Dinas Kesehatan, TNI/Polri sudah turun untuk menyampaikan kepada masyarakat khususnya orang tua akan pentingnya vaksinasi," katanya.

Baca Juga: Sekolah di Sulsel Tidak Boleh Paksa Siswa Vaksinasi untuk Ikut PTM

3. Kapolda minta orang tua tak mudah percaya hoax soal vaksin

Makassar Road Show Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun ke Seluruh Sekolahilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Nana juga meminta agar orang tua siswa tidak mudah percaya dengan berita hoax yang tersebar, utamanya terkait vaksin anak.

"Selama ini memang masih banyak berita-berita hoax. Kami harap berita bohong ini jangan terlalu dipercaya karena pada intinya pemerintah menginginkan masyarakatnya sehat," katanya.

Baca Juga: Makassar Target 40.000 Dosis Vaksinasi COVID untuk Anak di Awal 2022

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya