Makassar 'Pede' Capaian Vaksinasi 90 Persen di Akhir Tahun

Pemkot kerahkan pegawai hingga ketua RT/RW demi capai target

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar terus menggenjot program vaksinasi di wilayahnya sebagai upaya mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Pemkot juga berupaya mengejar target capaian vaksinasi sebelum tahun 2022.

Terkait percepatan vaksinasi COVID-19, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan bahwa target vaksinasi Kota Makassar adalah 90 persen dari sekitar 1,1 juta penduduk di akhir tahun. Target tersebut, kata dia, sudah hampir tercapai dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk divaksinasi. Meski, dia mengakui masih ada beberapa kendala di lapangan.

"Cuma memang laporan dari pagi di 47 Puskesmas, mengantri untuk meng-input, di sistem sudah berhasil masuk 33 Puskesmas. Jadi masih ada beberapa yang ngantri, sebenarnya kami terkendala data," kata Danny saat meninjau kegiatan vaksinasi di Pantai Losari, Rabu (29/12/2021).

Menurut data KCPEN hingga 29 Desember 2021, capaian vaksinasi Makassar telah mencapai 83,57 persen. 

Baca Juga: Petugas Gabungan Tangkap Anjal-Pengemis di Makassar

1. Mengejar vaksinasi anak di awal 2022

Makassar 'Pede' Capaian Vaksinasi 90 Persen di Akhir TahunPelaksanaan vaksinasi di Jalan Topaz Raya, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Rabu (29/12/2021). IDN Times/Istimewa

Danny mengatakan target vaksinasi 90 persen itu juga untuk mendukung target vaksinasi Provinsi Sulawesi Selatan secara keseluruhan yaitu 70 persen di akhir tahun 2021. Meski begitu, Danny tetap optimistis bisa mencapai 100 persen.

Optimisme pemerintah kota untuk menggenjot vaksinasi juga sebenarnya tak luput dari keinginan agar segera melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Pasalnya, Makassar belum bisa melaksanakannya lantaran vaksinasi lansia belum mencapai 60 persen, walaupun vaksinasi umum telah mencapai 70 persen.

"Kebetulan SD pemerintah kota sudah siapkan itu, cuman sasarannya lansia kita harus capai 60 persen sementara kita baru 45 persen, masih ada 15 persen. Mudah-mudahan terpenuhi. Kalau terpenuhi kita mulai pada 3 Januari," kata Danny.

2. Pegawai hingga RT/RW diminta bawa 10 orang untuk divaksinasi

Makassar 'Pede' Capaian Vaksinasi 90 Persen di Akhir TahunIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Untuk menggenjot vaksinasi, Danny sebelum telah memerintahkan semua pegawai lingkup Pemkot Makassar, honorer, bahkan RT/RW agar masing-masing membawa 10 orang untuk divaksinasi.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar Nursaidah Sirajuddin, kebijakan ini sangat efektif dalam meningkatkan cakupan vaksinasi Makassar. Hal ini terbukti dari bertambahnya angka warga yang divaksinasi setiap hari.

"Peningkatannya luar biasa dari tanggal 23 (Desember) kita mulai. Dari 3.000 kita vaksin per hari, naik jadi 6.000 di tanggal 24, naik lagi di tanggal 25 jadi 10.000. Kalau bisa ya 20.000 per hari, itu yang kita harapkan," ucap Nursaidah.

3. Kapolda ajak warga tetap jaga prokes

Makassar 'Pede' Capaian Vaksinasi 90 Persen di Akhir TahunIlustrasi petugas tenaga kesehatan berdiri di depan video penggunaan vaksin saat pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi petugas pelayan publik (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana mengapresiasi antusiasme masyarakat yang mengikuti vaksinasi. Kapolda pun berharap pelaksanaan vaksinasi bisa segera mencapai target 70 persen untuk Sulsel. Masyarakat diminta turut menggelorakan vaksinasi. 

"Mari kita ajak saudara dan teman untuk jaga lingkungan, kami yakin penyebaran COVID-19 dapat diminimalisir. Penyebaran COVID-19 di Sulsel sekarang sudah mampu kita kendalikan, tetapi tetap kami imbau masyarakat menegakkan disiplin prokes," katanya.

Baca Juga: Stok Vaksin Pfizer di Sulsel Menipis, Warga Kesulitan Dosis Kedua

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya