Makassar Belum Siap Deteksi Varian Baru COVID-19

Dinas Kesehatan sudah mendatangkan alat PCR khusus

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masih mempersiapkan laboratorium untuk mendeteksi varian baru COVID-9. Laboratorium ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar Andi Hadijah Iriani mengatakan persiapan laboratorium sudah hampir rampung, namun belum bisa digunakan. Pihaknya juga sudah mendatangkan alat PCR khusus untuk mendeteksi varian baru COVID-19.

"Itu kan harus memenuhi persyaratan. Dan ada kelengkapan alat yang masih diperlukan untuk mendeteksi empat varian itu," kata Iriani, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Waspada! Varian Baru COVID-19 Ancam Anak-anak dan Remaja

1. Makassar belum punya laboratorium yang bisa deteksi varian baru virus corona

Makassar Belum Siap Deteksi Varian Baru COVID-19Ilustrasi laboratorium (Dok. Biotek LIPI)

Pemkot Makassar menyiapkan lab khusus untuk mendeteksi kemungkinan menyebarnya varian COVID-19. Sebab di daerah lain Indonesia sudah terdeteksi sejumlah varian baru, seperti Alpha, Beta, dan Delta.

Di sisi lain, Makassar memang belum memiliki laboratorium khusus untuk mendeteksi varian baru COVID-19. "Sudah seharusnya, apalagi seperti varian Delta yang dari India, itu sangat cepat menyebar," katanya.

2. Deteksi varian baru dipusatkan di Jakarta

Makassar Belum Siap Deteksi Varian Baru COVID-19Ilustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Dinas Kesehatan menyiapkan laboratorium sejak sekitar dua pekan lalu. Selama ini, deteksi varian baru COVID-19 hanya dipusatkan di Litbangkes Jakarta. Itulah sebabnya Pemkot sangat mendorong penyediaan laboratorium khusus.

"Pak Wali ini benar-benar memperhatikan karena beliau memang menyampaikan bahwa harus sekarang selesaikan itu laboratorium yang di rumah sakit Daya, kemudian kita dapat memeriksa varian-varian baru dari COVID-19," kata Hadijah.

3. Semua spesimen di Makassar dikirim ke laboratorium khusus

Makassar Belum Siap Deteksi Varian Baru COVID-19Ilustrasi tes swab. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Nantinya, laboratorium di RSUD Kota Makassar bisa digunakan untuk mendeteksi varian baru COVID-19 yaitu B117 (Alpha) asal Inggris, B1351 (Beta) asal Afrika Selatan dan varian baru asal India B1617 (Delta).

Selain itu, laboratorium tersebut juga akan akan dimanfaatkan untuk memeriksa spesimen COVID-19 yang telah dikenal selama ini. "Kan nanti terdeteksi empat varian. Semua spesimen dibawa ke sana," kata Hadijah.

Baca Juga: Pemkot Makassar Mulai Latih Tim Detektor COVID-19 Gunakan GeNose

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya