Mahasiswa Unhas yang Hilang Punya Prestasi Cemerlang-Aktif Organisasi

Dikenal aktif berorganisasi dan tak punya masalah akademik

Makassar, IDN Times - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Fikki Dermawan, dilaporkan menghilang sejak lebih dari sepekan terakhir. Fikki merupakan mahasiswa sementara 2 Program Studi Kesehatan Hewan.

Hingga kini, Jumat (26/5/2023) keberadaan Fikki belum diketahui. Keluarga menduga dia menghilang karena ikut organisasi tertentu. Keluarga pun telah melaporkan hal ini ke polisi dan pihak kampus juga melacak keberadaannya.

Di sisi lain, Fikki ternyata seorang mahasiswa yang cerdas dan berprestasi di angkatannya. Tidak ada masalah dengan akademiknya. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Program Studi Kedokteran Hewan, drh. Dwi Kesuma Sari. 

“Dari analisa kami sih tidak ada masalah dengan kampus. Anaknya aktif berorganisasi dan memiliki prestasi akademik cemerlang dengan IPK 3,78,” kata Dwi Kesuma melalui keterangan resminya, Jumat (26/5/2023).

1. Lulus Unhas jalur undangan

Mahasiswa Unhas yang Hilang Punya Prestasi Cemerlang-Aktif OrganisasiPemandangan pintu masuk dan tugu nama kampus Universitas Hasanuddin di Tamalanrea, Kota Makassar. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Pada 2022 lalu, Fikki dinyatakan lolos di Universitas Hasanuddin Fakultas Kedokteran melalui jalur undangan. Dari sini, dia telah terlihat menonjol di antara teman-teman seangkatannya.

Hal ini diakui oleh drh. Fika Yuliza Purba, yang tidak lain adalah dosen penasehat akademik Fikki.

“Waktu penerimaan mahasiswa baru di Auditorium AP Pettarani, Fikki itulah satu-satunya mahasiswa baru yang bertanya ke Gubernur,” kata drh. Fika.

2. Aktif berorganisasi

Mahasiswa Unhas yang Hilang Punya Prestasi Cemerlang-Aktif OrganisasiPemandangan gedung Rektorat Universitas Hasanuddin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Di bidang organisasi, Fikki juga termasuk menonjol. Saat masuk semester 2, dia telah diikutkan oleh lembaga mahasiswanya untuk ikut pada pertemuan Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan se-Indonesia (IMAKAHI) yang berlangsung di Yogyakarta 15-16 April lalu. 

"Pada pertemuan tersebut, beberapa kali dia menjadi moderator,” kata Fika.

Organisasi lainnya yang aktif diikuti Fikki adalah Ikatan Pelajar Muhammadiah (IPM), di mana dia telah menjadi senior dan seringkali menjadi pemateri.  

Alamsyah, salah seorang teman dekat Fikki, menyampaikan bahwa Fikki juga telah dinyatakan lulus seleksi pengurus IMAKAHI Pusat. Dia menjadi salah seorang pengurus di IMAKAHI di bagian SDM. Pada rapat pengurus 14 Mei 2023 lalu, Fikki disebutkan masih hadir. 

“Senin, 22 Mei lalu melalui IG-nya sempat menghubungi saya menanyakan alat-alat dan bahan yang mesti dibawah untuk mengikuti salah satu praktikum mata kuliahnya,” kata Alamsyah.

Baca Juga: Seorang Mahasiswa Unhas Dilaporkan Hilang Sejak Sepekan Lalu

3. Dosen sebut Fikki punya masalah

Mahasiswa Unhas yang Hilang Punya Prestasi Cemerlang-Aktif OrganisasiMahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dilaporkan hilang. (Dok. Istimewa)

Namun drh Fika mengaku bahwa Fikki saat ini memang memiliki masalah. Menurutnya hal itu lantaran Fikki sempat menngirim pesan chat kepada ibunya di Kendari dengan menyatakan mau pergi jauh dan lagi stress. 

“Dan chat Fikki itu di forward ibunya ke saya,” kata Fika. 

Baca Juga: Mahasiswa FK Unhas Hilang, Keluarga Curiga karena Organisasi Tertentu

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya