Kontainer Makassar Recover Dimanfaatkan Jadi Posko Siaga Bencana

Melibatkan program Makassar Recover untuk mitigasi banjir

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mulai menyiapkan posko siaga bencana sebagai antisipasi menghadapi potensi bencana akibat dampak La Nina. Di beberapa titik, pemkot memanfaatkan kontainer sebagai posko siaga bencana.

Kontainer tersebut juga merupakan posko Makassar Recover yaitu program penanganan pandemik COVID-19. Sejak jauh hari, kontainer Makassar Recover ini telah ditempatkan di tiap kelurahan di Kota Makassar.

"Sudah aktif. Kita akan pakai kontainer kita, Recover Center kita. Semua kita akan aktifkan. Saya sudah membuat instruksi," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto saat meninjau kesiapan pokso siaga bencana di Kantor Kecamatan Panakkukang, Selasa (16/11/2021).

1. Posko belum siaga 24 jam

Kontainer Makassar Recover Dimanfaatkan Jadi Posko Siaga BencanaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau kesiapan posko siaga bencana di kantor Kecamatan Panakkukang, Selasa (16/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengatakan saat ini Makassar dan sekitarnya telah memasuki musim hujan dan biasanya diiringi bencana banjir. Karena itu, dia menginstruksikan seluruh pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga kecamatan untuk mulai menyiapkan mitigasi dan siaga sejak sekarang.

Meski begitu, posko-posko yang ada belum diaktifkan selama 24 jam. Setidaknya, jika sewaktu-waktu bencana banjir terjadi, kata Danny, maka Pemkot Makassar dan seluruh pihak terkait telah siap menghadapinya.

"Ada status-status tertentu tapi saya sudah perintahkan untuk mempersiapkan siaga. Kalau saya sudah bilang siaga, itu sudah 24 jam," katanya.

2. Melibatkan Makassar Recover untuk mitigasi

Kontainer Makassar Recover Dimanfaatkan Jadi Posko Siaga BencanaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau kesiapan posko siaga bencana di kantor Kecamatan Panakkukang, Selasa (16/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny Pomanto mengklaim seluruh tim telah menyiapkan langkah penanganan jika terjadi bencana banjir di Kota Makassar. Hal itu dimulai dari persiapan peralatan untuk evakuasi pengungsi, persiapan dapur umum, hingga persiapan personil yang bisa segera meluncur ke lokasi bencana.

Namun yang berbeda kali ini adalah pemkot melibatkan unsur-unsur Makassar Recover untuk mitigasi banjir kali ini, termasuk kontainer tersebut.

"Recover Center (kontainer), detektor yang kemarin membantu kita dan seluruh perangkat-perangkat secara bertingkat dari Makassar Recover," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Minta Semua OPD Sukseskan Makassar Recover

3. Belum ada laporan soal banjir

Kontainer Makassar Recover Dimanfaatkan Jadi Posko Siaga BencanaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau kontainer posko siaga bencana di kantor Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Selasa (16/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Di Kota Makassar, beberapa titik memang kerap menjadi daerah langganan banjir setiap tahun. Antara lain kawasan perumahan Kodam 3 dan Jalan Paccerakkang di Kecamatan Biringkanayya dan Perumnas Antang Blok 10 di Kecamatan Manggala.

Hingga kini, Pemkot Makassar belum menerima laporan banjir dari wilayah-wilayah tersebut. Danny Pomanto mengatakan hal itu karena sudah ada tim yang mengeruk sungai karena berkaca dari pengalaman tahun lalu, banjir terjadi karena penyempitan aliran air.

"Biringkanaya dan Manggala pemantauan hari ini belum menandakan seperti biasanya. Biasanya seperti sekarang sudah tergenang. Karena dulu waktu April, kami sudah mengeruk, membuat triase sungai yang tadinya memang tidak ada triasenya," katanya.

Baca Juga: 15 Ribu Relawan Makassar Recover Bertahap Jalani Tes GeNose dan PCR

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya