KH Ambo Dalle Pendiri Pesantren DDI Diajukan Jadi Pahlawan Nasional

Dipandang kayak menerima gelar Pahlawan Nasional

Makassar, IDN Times - AGH Abdurrahman Ambo Dalle, pendiri Pesantren Darul Dakwah Wal Irsyad (DDI) di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, diajukan menjadi pahlawan nasional. Hal tersebut diprakarsai oleh pengurus DDI.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Sosial mendukung pengajuan tersebut. Kepala Dinas Sosial Sulsel, Andi Irawan Bintang, mengatakan pengajuan KH Ambo Dalle sebagai pahlawan nasional bukan yang pertama kali.

"Sudah seminar pertama di Kota Parepare, namun karena adanya pandemik COVID-19, semua tertunda, dan baru bisa di lanjutkan seminar lanjutan tanggal 22 juli 2023," kata Irawan saat diwawancarai IDN Times, Senin (24/7/2023).

Baca Juga: 4 Pahlawan Indonesia yang Diasingkan ke Banda Neira

1. Baru 13 pahlawan yang telah diajukan

KH Ambo Dalle Pendiri Pesantren DDI Diajukan Jadi Pahlawan NasionalPatung Sultan Hasanuddin yang berada di dalam kompleks Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros. (IDN Times/Abdurrahman)

Sampai saat ini, Pemprov Sulsel baru berhasil mengusulkan 13 orang pahlawan nasional. Di antaranya adalah Sultan Hasanuddin, R Wolter Monginsidi, Syech Yusuf, Pangeran Diponegoro, La Madukelleng, Rangong Dg Romo, Opu Dg Risadju, Andi Djemma, Pontiku, Andi Mappanyuki, A Abdullah Bau Massepe, Padjinga Dg Ngalle, dan Sultan Dg Radja.

Irawan mengatakan bahwa pemerintah saat ini baru memberikan penghargaan kepada pejuang yang telah mendapat predikat atau gelar Pahlawan Nasional, Perintis Kemerdekaan dan Veteran sementara pejuang lainnya belum mendapat penghargaan secara proporsional. Di sisi lain, pembudayaan dan pelestarian nilai-nilai perjuangan bangsa belum sepenuhnya dijalankan.

"Penghormatan dan penghargaan terhadap pejuang serta pembudayaan dan pelestarian nilai-nilai perjuangan kepada lapisan masyarakat mutlak diperlukan," kata Irawan.

2. Dianggap berkontribusi mencerdaskan bangsa

KH Ambo Dalle Pendiri Pesantren DDI Diajukan Jadi Pahlawan NasionalGedung induk Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Barru. (ddimangkoso.id)

Almarhum AGH KH Abdurrahman Ambo Dalle merupakan salah seorang ulama dan juga pemimpin yang sukses membawa DDI sebagai ormas lokal terbesar di wilayah timur Indonesia. Dia dipandang sebagai wujud kontribusi mencerdaskan bangsa dan melahirkan banyak ulama yang berkualitas.

Dia juga dianggap sebagai sosok pejuang dalam bidang pendidikan dan dakwah yang telah berjasa besar terhadap bangsa dan negara. Maka dia pun menjadi suri tauladan dan panutan bagi seluruh rakyat Indonesia dari generasi ke generasi.  

"Pengertian berjasa besar dalam konteks kejuangan adalah meninggalkan jasa-jasa yang bermanfaat bagi keselamatan, kesejahteraan dan kebesaran negara yang diberikan dengan keihklasan sebesar-besarnyaa," kata Irawan.

Oleh muridnya, KH Ambo Dalle, dipandang sangat layak menyandang gelar itu sebab bermodalkan rekam jejak yang diwariskannya. Dia mewariskan DDI, organisasi yang diinisiasinya pada 1983 di Mangkoso, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

DDI bergerak di bidang pendidikan, dakwah, dan usaha-usaha sosial. Jejak itu terekam melalui ratusan lembaga pendidikan yang berafiliasi ke DDI seperti madrasah, pondok pesantren serta perguruan tinggi yang telah menelurkan ratusan ribu alumni di semua jenjang.

3. Pengajuan masih sementara berproses

KH Ambo Dalle Pendiri Pesantren DDI Diajukan Jadi Pahlawan NasionalKepala Dinas Sosial Sulsel Irawan Bintang. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Pada 22 Juli 2023 lalu, Tim Kerja Gelar Pahlawan Anregurutta KH Abdurrahman Ambo Dalle telah melaksanakan seminar kepahlawanan untuk KH Ambo Dalle. Pasalnya, serangkaian uji publik melalui seminar harus dilalui sebagai prasyarat wajib sebelum ditetapkannya seorang tokoh sebagai pahwalan. Di samping itu, dibutuhkan pula sekumpulan dokumen administratif untuk menunjang penetapan tersebut. 

Seminar itu dihadiri sejumlah pihak seperti pengurus wilayah DDI Sulsel, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Sulsel. Irawan mengatakan proses pengajuan ini tidak serta merta melainkan ada proses yang harus dilalui. Dengan demikian, kemungkinan KH Ambo Dalle belum ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional tahun ini.

"Pengalaman sebelumnya, sangat tergantung tim di pusat, masih ada proses yang harus di lewati, untuk Agustus 2023 saya kira belum," katanya.

Baca Juga: Kisah 11 Pahlawan Nasional Asal Sulsel, dari Hasanuddin ke Pong Tiku

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya