Ketum PAN Zulkifli Hasan Bertemu Andi Sudirman, Bahas Pilgub Sulsel?

Zulkifli minta kader PAN di Sulsel bantu Sudirman Sulaiman

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan bertemu Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pada Minggu (21/11/2021) malam. Pertemuan berlangsung di rumah jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Sungai Tangka.

Zulkifli mengatakan, pertemuan tersebut sebatas silaturahmi. Dia pun menegaskan bahwa kader PAN di Sulsel selalu siap untuk membantu mengatasi berbagai persoalan, utamanya pandemik COVID-19 beserta dampaknya. 

"Saya sampai di Makassar silaturahmi dengan Gubernur. Saya minta teman-teman mendukung penuh Gubernur kita supaya bisa membangun, apa lagi saat ini lagi pendemik, tugasnya besar," kata Zulkifli di hadapan awak media.

1. PAN menilai tugas Sudirman lebih berat

Ketum PAN Zulkifli Hasan Bertemu Andi Sudirman, Bahas Pilgub Sulsel?Humas Pemprov Sulsel

PAN merupakan salah satu partai pengusung pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman pada Pilgub Sulsel 2018 lalu. PAN berkoalisi dengan PKS dan PDI Perjuangan.

Setelah Nurdin Abdullah terjerat kasus dugaan korupsi, Andi Sudirman yang menjabat wakil gubernur mengambil alih tampuk pemerintahan dengan menjabat pelaksana tugas Gubernur Sulsel. Sebagai partai pengusung, PAN merasa ini merupakan tugas berat bagi Sudirman, apalagi ada pandemik yang masih belum usai.

"Maka dari itu kita dukung sekuat tenaga baik dari teman-teman PAN yang ada di sini baik legislator maupun seluruh kader untuk membantu Gubernur agar bisa mengatasinya pandemik agar selesai," kata Zulkifli.

2. Belum mau bahas soal Pilgub

Ketum PAN Zulkifli Hasan Bertemu Andi Sudirman, Bahas Pilgub Sulsel?Ilustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Zulkifli menegaskan pertemuan ini hanya sekadar silaturahmi dan tidak ada agenda lain. Hal itu ditegaskannya saat disinggung soal kemungkinan mengusung kembali Sudirman pada Pilgub 2024 mendatang.

Soal itu, dia enggan membahasnya lebih jauh. Untuk saat ini, kata dia, PAN hanya membantu apapun program yang dijalankan Sudirman bersama Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Biarkan Gubernur kerja dulu. Soal lain-lain nanti dibicarakan lagi. Karena kan beliau banyak tugasnya. Jadi fokus kerja dulu," katanya.

Baca Juga: Sudirman Minta Penyedia Jasa Tes PCR Tidak Mainkan Harga

3. Sudirman sambut baik dukungan PAN

Ketum PAN Zulkifli Hasan Bertemu Andi Sudirman, Bahas Pilgub Sulsel?Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik dukungan Zulkifli Hasan tersebut. Secara pribadi, dia mengaku punya kedekatan emosinal dengan Zulkifli maupun dengan PAN. 

Karena itu, dirinya akan berusaha menjalankan arahan positif yang diberikan kepadanya. Terlebih, kata dia, dukungan PAN selama ini tak main-main.

"Pak Ketum juga ini kakak kami, jadi arahan tentu kami sudah melihat bukti bahwa teman-teman PAN ini luar biasa di provinsi mendukung kami dan juga memberikan akses seluas-luasnya untuk bekerja dan fokus bagaimana program hulu dan hilir," katanya.

Baca Juga: Sudirman Minta Pemda se-Sulsel Siaga Potensi Bencana

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya