Comscore Tracker

Ketua TGUPP Sulsel Rangkap Jabatan jadi Kepala Bappeda

Banyak pejabat nonjob, tapi banyak jabatan lowong

Makassar, IDN Times - Mutasi pejabat kembali terjadi di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Sebanyak sebelas pejabat eselon II dan III dilantik oleh Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (26/2). 

Salah satu dari sebelas pejabat itu adalah Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel, Prof Yusran Yusuf. Yusran yang juga Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, dilantik sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) setelah mengikuti proses lelang jabatan.

Yusran mengatakan dia akan segera melakukan tugasnya dan memastikan semua program prioritas Pemprov Sulsel berjalan dengan baik. Dia juga menyatakan akan tetap bertugas sebagai Ketua TGUPP Sulsel hingga ada keputusan dari Gubernur.

"Saya tergantung perintah Pak Gubernur. Hingga hari ini saya lanjutkan," katanya usai pelantikan.

Baca Juga: Akibat Peleburan OPD, Ratusan Pejabat Pemprov Sulsel Non Job

1. Banyak pejabat nonjob tapi banyak jabatan lowong

Ketua TGUPP Sulsel Rangkap Jabatan jadi Kepala BappedaPengukuhan pejabat lingkup Pemprov Sulsel di Kantor Gubernur, Jumat (31/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Diketahui, sebelas pejabat yang dilantik terdiri dari tujuh pejabat eselon II. Lima orang di antaranya merupakan hasil proses lelang jabatan dan dua lainnya dikukuhkan. Sementara empat pejabat eselon III lainnya merupakan hasil pergeseran atau mutasi jabatan.

Pelantikan dan pergeseran jabatan ini bukanlah yang pertama kali sejak memasuki tahun 2020. Pada 31 Januari lalu, Pemprov juga melakukan pergeseran 600 pejabat dan mengakibatkan kurang lebih 100 pejabat nonjob. Lalu, sebanyak 4 pejabat juga secara tiba-tiba dilantik malam hari pada 14 Februari lalu.

Tapi Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani menyebut pelantikan ini hanya untuk mengisi kekosongan jabatan di eselon II maupun III.

"Kalau eselon II itu, 5 orang hasil lelang, 2 hanya dikukuhkan lagi. Dan eselon III itu nanti diatur ulang karena memang banyak yang lowong," ungkapnya.

2. Gubernur Nurdin tak takut ganti pejabat tiap bulan

Ketua TGUPP Sulsel Rangkap Jabatan jadi Kepala BappedaGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sebelumnya menegaskan soal reformasi birokrasi. Dia mengaku bisa saja mengganti pejabat sewaktu-waktu, bahkan kalau perlu tiap bulan apabila dia menemukan pejabat yang dinilainya memiliki kinerja tidak bagus.

"Saya tidak takut ganti pejabat setiap bulan. Saya juga tidak akan tegur tapi kalau bekerja tidak baik terpaksa kita ganti 'sopir' saja," kata Nurdin.

Dia pun berharap agar semua pejabat di lingkup Pemprov Sulsel benar-benar bisa lebih dekat kepada masyarakat dan bekerja dengan baik. Sebab ia juga berharap agar Sulsel bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

"Saya betul-betul berharap kepada OPD kita care dengan pekerjaan. Jangan yang di undang kepala dinas yang hadir kepala bagian, yang di undang kepala bagian yang hadir kepala sub bagian, yang diundang kepala sub bagian, pulang-pulang dia tidak tahu beritanya," jelasnya.

3. Dewan pertanyakan soal pejabat non job dan jabatan lowong

Ketua TGUPP Sulsel Rangkap Jabatan jadi Kepala BappedaPengukuhan pejabat lingkup Pemprov Sulsel di Kantor Gubernur, Jumat (31/1). IDN Times/Asrhawi Muin

Di sisi lain, Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Sulsel Selle KS Dalle menyoroti soal banyaknya jabatan lowong dan pejabat nonjob.

Menurutnya, Gubernur Sulsel seharusnya sudah sejak lama melakukan pelantikan pejabat eselon II, khususnya untuk OPD yang dilebur sebab akan berpengaruh pada serapan anggaran.

"Dan sedikit saya kritisi lagi, jika ternyata masih banyak jabatan untuk eselon III yang lowong, terus mengapa ada hampir 100 pejabat eselon III yang nonjob," kata Selle.

Dia juga mengaku banyak menerima laporan dari pejabat eselon III dan IV yang di-nonjob-kan tersebut.

"Ada sekitar 94 orang yang melapor ke saya, padahal OPD-nya tidak terdampak perampingan namun jabatan diisi pejabat baru.

Baca Juga: Tak Biasa, Pejabat Pemprov Dilantik Malam Hari

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya