Kereta Api Jalur Maros-Barru Siap Diuji Coba Akhir Oktober

Uji coba rel direncanakan berlangsung sesuai jadwal

Makassar, IDN Times - Proyek Strategis Nasional (PSN), kereta api Makassar - Parepare tahap I jalur Maros-Barru sepanjang 71 km rencananya akan diuji coba pada akhir Oktober 2022. Uji coba ini sebagai bagian dari soft launching

Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan, Muhammad Arafah, menjelaskan pihaknya terus mendukung pembangunan jalur rel kereta api tersebut. 

"Terkait dengan kereta api, itu kan domainnya Kementerian Perhubungan. Provinsi memang mensupport habis agar ini bisa berjalan tahun ini. Agendanya, itu di akhir bulan ini akan dilakukan uji coba, operasional kereta api dari Maros ke Barru," kata Arafah, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: Kereta Api Diyakini Berdampak Positif untuk Perekonomian Sulsel

1. Diprediksi akan menarik antusiasme masyarakat

Kereta Api Jalur Maros-Barru Siap Diuji Coba Akhir OktoberIlustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Arafah memperkirakan kehadiran kereta api ini akan menjadi daya tarik sebagai moda transportasi baru untuk masyarakat Sulsel. Sejauh ini, pihaknya terus mengedukasi terkait kehadiran kereta api.

"Masyarakat sebenarnya sudah menunggu. Tinggal dibuka waktunya, itu sudah banyak kereta api sehingga nanti teman-teman kementerian tentu juga akan berupaya. Saat ini sudah ada sosialisasi ke kabupaten/kota," kata Arafah.

2. Terintegrasi dengan kendaraan pengumpan

Kereta Api Jalur Maros-Barru Siap Diuji Coba Akhir OktoberIlustrasi kereta api. (IDN Times/Galih Persiana)

Kereta api juga nantinya akan diintegrasikan dengan transportasi pengumpan. Hal ini guna memudahkan masyarakat untuk menjangkau setiap stasiun kereta api.

Arafah mengatakan pihaknya telah diminta untuk merencanakan integrasi moda transportasi pengumpan. 

"Jadi dari kereta api ke wilayah lain, itu harusnya memang sudah ada disiapkan modanya. Teman-teman di kabupaten/kota sudah mempersiapkan untuk alih moda tadi," kata Arafah.

3. BPKA siapkan proses uji coba

Kereta Api Jalur Maros-Barru Siap Diuji Coba Akhir OktoberRel Kereta Api Trans Sulawesi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sementara itu, Humas Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Ryan Agastana, mengatakan pihaknya sementara mempersiapkan uji coba tersebut. Rencananya, uji coba akan berlangsung sesuai jadwal.

"Insya allah uji coba pengoperasian KA akan dilaksanakan di bulan Oktober seperti kata PLT, Dirjen KA, Zulmafendi waktu kunjungan di Stasiun Tenjo Tanggerang. Saat ini kami sedang melakukan proses uji fungsi jalur, bangunan dan sintel dan safety asesment," kata Ryan.

Baca Juga: WALHI Sulsel Tolak Pembangunan Rel Kereta Api di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya