Kebakaran Rumah Sakit Dadi Makassar, Diduga karena Korsleting Listrik

Api muncul dari gedung Meranti di Rumah Sakit Dadi Makassar

Makassar, IDN Times - Kebakaran terjadi di salah satu gedung Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi, Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar, Minggu (26/9/2021), sekitar pukul 10.00 WITA. Pasien yang dirawat di gedung tersebut terpaksa harus dipindahkan ke gedung lain yang lebih aman.

Menurut informasi dari Direktur Utama RSKD Dadi, dr Arman Bausat gedung yang terbakar tersebut adalah gedung Meranti yang digunakan untuk merawat pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang disertai penyakit lain.

"Jadi tadi, saya dapat informasi kejadian itu jam 10 pagi. Di dalam ruangan itu ada 6 pasien ODGJ yang lagi dirawat," kata Arman Bausat kepada wartawan.

1. Percikan api muncul dari salah satu ruangan

Kebakaran Rumah Sakit Dadi Makassar, Diduga karena Korsleting ListrikIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Arman menuturkan bahwa salah satu perawat yang sedang bertugas sempat melihat ada percikan api dari ruangan yang tertutup. Perawat tersebut langsung bergegas mengevakuasi semua pasien yang berada di dalam.

"Perawat tunjukkan tadi, itu pas di samping pintu ada semacam sakelar dua. Perawat bilang dari situ api muncul. Tapi apinya ke atas dan cepat sekali," jelas Arman.

Sebagai informasi, RSKD Dadi merupakan rumah sakit khusus untuk ODGJ. Selain itu, rumah sakit ini juga sempat menjadi rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

2. Kebakaran diduga karena korsleting listrik

Kebakaran Rumah Sakit Dadi Makassar, Diduga karena Korsleting ListrikIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk sementara kebakaran diduga disebabkan korsleting listrik. Meski begitu, pihak RSKD Dadi menyerahkan sepenuhnya hal ini kepada kepolisian.

"Sementara kuat dugaan, korsleting listrik. Tapi nanti kan pihak berwajib yang menentukan," kata Arman.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Telah Vaksinasi COVID-19 Ratusan ODGJ di RSKD Dadi

3. Tidak ada korban jiwa

Kebakaran Rumah Sakit Dadi Makassar, Diduga karena Korsleting ListrikIlustrasi Penanganan Kebakaran (IDN Times/Persiana Galih)

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar pun menurunkan 45 personel untuk memadamkan api di RSKD Dadi Makassar. Petugas pun berhasil memadamkan api setelah berjibaku hampir satu jam.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun api menghanguskan dua gedung.

"Api sudah reda. Terbakar satu gedung tambah setengah gedung belakang tapi gedungnya kecil. Alhamdulillah sudah terkontrol tapi sisa-sisa asapnya kami minta lagi disiram supaya mencegah jangan-jangan masih ada sisa api yang ada," kata Arman.

Baca Juga: Ada 94 Kasus Kebakaran di Makassar, Didominasi Korsleting

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya