Kasus COVID Naik, Pemda di Sulsel Diminta Segera Siapkan Faskes

Kasus COVID-19 harian di Sulsel melonjak tajam

Makassar, IDN Times - Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman meminta kepala daerah di 24 kabupaten/kota untuk bersiap siaga menyusul meningkatnya angka kasus COVID-19 dalam beberapa hari terakhir.

Hal ini tertuang dalam surat edaran tentang Kesiapsiagaan dan Pengetatan Protokol Kesehatan pada Kegiatan Kemasyarakatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Surat tersebut diteken oleh Sudirman pada 3 Februari 2022 dan ditujukan bupati dan wali kota se-Sulsel.

Surat tersebut diterbitkan untuk menindaklanjuti peningkatan kasus konfirmasi positif dalam 3 hari terakhir, yang mengalami peningkatan sebesar 500 persen berdasarkan data harian Satgas COVID-19 Provinsi Sulawesi Selatan. Surat tersebut berisi 5 poin.

1. Membatasi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan

Kasus COVID Naik, Pemda di Sulsel Diminta Segera Siapkan FaskesIlustrasi kerumunan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Poin pertama, menginstruksikan kepala daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah kabupaten/Kota dalam mengantisipasi peningkatan kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan menyiapkan infrastruktur kesehatan yang layak. 

"Di antaranya ketersediaan tenaga kesehatan, tempat tidur rumah sakit, obat-obatan dan penunjang lainnya seperti fasilitas isolasi terintegrasi bagi kasus konfirmasi positif tidak bergejala atau gejala ringan," demikian yang tercantum dalam surat tersebut.

Poin kedua, membatasi kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan lebih mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan secara daring (online). Poin ketiga, memaksimalkan penerapan pemberlakuan PPKM sesuai level yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri terbaru.

Poin keempat, meningkatkan capaian vaksinasi dalam rangka melakukan pencegahan terhadap penyebaran COVID-19 dan mengurangi potensi terjadinya kematian akibat COVID-19. Poin kelima, melakukan pengetatan protokol kesehatan serta memaksimalkan tracing dan testing.

2. Sudirman imbau masyarakat tetap jaga prokes

Kasus COVID Naik, Pemda di Sulsel Diminta Segera Siapkan FaskesPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Sudirman juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pentingnya protokol kesehatan menyusul peningkatan angka kasus COVID-19. Pada Sabtu 5 Februari 2022, tercatat ada 123 kasus baru.  

“Penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Secara tegas dan perhatian khusus untuk seluruh Instansi Pemerintah, Swasta dan kepada wargaku yang tercinta di Sulawesi Selatan, mari kita memperketat dan disiplin protokol kesehatan. Ingat 5M,” kata Sudirman.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sulsel Naik, Pemprov Siapkan Tempat Isoter

3. Sudirman minta masyarakat vaksinasi

Kasus COVID Naik, Pemda di Sulsel Diminta Segera Siapkan Faskesilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Sudirman juga mengajak masyarakat memahami pentingnya protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Dengan memilih opsi pertemuan daring.

Dia pun mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi dalam membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) sebagai salah satu langkah menekan penyebaran COVID-19. 

“Mari kita melakukan percepatan vaksinasi. Pastikan diri telah mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi merupakan ikhtiar kita dalam meningkatkan herd immunity,” katanya.

Baca Juga: COVID-19 di Sulsel Meningkat, Andi Sudirman: Perketat Prokes

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya