Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data COVID-19 Diklaim Aman

Belum diketahui penyebab kebakaran kantor Kamis lalu

Makassar, IDN Times - Penyebab kebakaran Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis 30 Juli 2020 masih misterius. Namun pihak Dinas memastikan keamanan data-data kantor yang terbakar.

Kebakaran diketahui menghanguskan semua ruangan di lantai dua kantor. Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari menyampaikan bahwa peristiwa itu tidak menghilangkan data kantor, termasuk soal penanganan COVID-19. Semua data disebut sudah dicadangkan.

"Bencana ini memang kita tidak inginkan, tapi alhamdulillah, data semua ada file-nya, baik data COVID-19 maupun keuangan. Jadi tidak ada masalah,"  kata Ichsan di Makassar, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel Belum Terungkap

1. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan

Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data COVID-19 Diklaim AmanKebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Ichsan mengatakan, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. Petugas Laboratorium Forensik masih memeriksa gedung yang terbakar tersebut untuk mencari tahu penyebabnya.

"Kita serahkan di labfor ya karena mereka yang punya kapasitas," kata Ichsan.

Sebelumnya, ada dugaan bahwa kebakaran berasal dari hubungan arus pendek listrik. Namun penyelidikan tetap dilakukan untuk memastikan apakah penyebab kebakaran memang karena hal tersebut atau karena ada sebab lain.

2. Sempat terjadi kebakaran susulan

Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data COVID-19 Diklaim AmanKebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Kebakaran yag terjadi sehari sebelum Hari Raya Idul Adha ini menghanguskan lantai 2 gedung kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. Sejumlah ruangan ludes terbakar antara lain gedung perencanaan, ruang keuangan dan bagian farmasi.

Kebakaran susulan bahkan sempat dilaporkan terjadi di lokasi pada Jumat, 31 Juli 2020 atau sehari setelah kejadian. Ichsan mengatakan, api diduga berasal dari sisa-sisa kebakaran yang belum padam.

"Bukan terbakar kembali, tapi sisa-sisa asap. Karena teman-teman Damkar mengantisipasi makanya dipadamkan kembali, apalagi stastionnya juga dekat," katanya.

3. Pegawai tetap masuk kantor

Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data COVID-19 Diklaim AmanKebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Icshan juga belum memastikan soal estimasi kerugian. Namun pihaknya masih mengidentifikasi barang apa saja yang dilalap si Jago Merah. 

Sembari menunggu hasil penyelidikan, Ichan memastikan para pegawai di kantor Dinas Kesehatan itu tetap masuk kantor dan tetap bekerja. Mereka bekerja memanfaatkan gedung lainnya yang tidak terkena api.

"Kita punya tempat gedung yang tidak terbakar. Jadi kita sudah atur kemarin  sehingga tentu penanganan yang lain termasuk masalah COVID-19. Yang penting sekarang mereka sudah kembali kerja," kata Ichsan.

Baca Juga: Kantor Dinas Kesehatan Sulsel Terbakar, Bagaimana Data COVID-19?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya