Kabar Baik! Jalan Rusak di Antang Makassar akan Diperbaiki Tahun Ini

Warga memajang foto 6 legislator di antara jalan rusak

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi akhirnya akan memperbaiki jalan rusak di ruas Jalan Antang Raya, Kecamatan Manggala, Makassar tahun ini. Pasalnya, kondisi jalan rusak di kawasan tersebut dikeluhkan warga Antang dan juga pengendara. Warga pun berinisiatif memajang spanduk para legislator DPRD Sulsel dari daerah pemilihan (dapil) 2 Sulsel sebaga bentuk sindiran.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Astina Abbas, mengatakan tahun ini akan dilakukan penanganan rekonstruksi pada ruas jalan tersebut. Penanganan tahun ini dimulai setelah pembahasan lebih lanjut oleh pihak lainnya.

"Insyaallah, segera tahun ini kita akan tangani rekonstruksi ruas Jalan Antang yang rusak berat. Tentunya hal ini tidak lepas dari arahan langsung bapak Gubernur Sulsel (Andi Sudirman Sulaiman),” katanya melalui siaran pers, Senin (30/5/2022).

1. Dinas PUTR mulai mengukur jalan

Kabar Baik! Jalan Rusak di Antang Makassar akan Diperbaiki Tahun IniKondisi jalan berlubang di Jalan Antang Raya Makassar, Kamis (26/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Astina, pihaknya bakal bergerak cepat untuk rekonstruksi itu. Dinas PUTR Sulsel bakal turun untuk mengukur jalan yang akan ditangani pada Selasa 31 Mei 2022 besok.

“Insyaallah, besok tim Dinas PUTR Sulsel akan turun ke lokasi melakukan pengukuran untuk kebutuhan penyusunan DED,” kata Astina.

Selain rekonstruksi jalan, Pemprov Sulsel juga akan memperbaiki sistem drainase di sekitar Jalan Antang. Hal itu karena kondisi drainase di ruas jalan tersebut kerap tersumbat sehingga mengakibatkan banjir yang akhirnya memperparah kerusakan jalan.

“Sementara akan segera dilakukan DED, kemudian akan lelang untuk penanganan fisiknya,” katanya.

2. Rekonstruksi jalan Antang dianggap mendesak

Kabar Baik! Jalan Rusak di Antang Makassar akan Diperbaiki Tahun IniLubang di tengah jalan di Jalan Antang Raya, Manggala, Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Sebelum memutuskan rekonstruksi ruas Jalan Antang Raya tahun ini, Pemprov Sulsel selalu menjawab bahwa penanganan jalan rusak baru akan dianggarkan pada 2023 mendatang. Sementara di sisi lain, perbaikan jalan sudah sangat mendesak.

Karena itu, Pemprov Sulsel menggunakan anggaran dari APBD 2022 untuk penanganan darurat. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, Muhammad Rasyid, mengatakan bahwa penanganan jalan Antang ini termasuk kategori keperluan mendesak. 

Keputusan tersebut diambil setelah melalui beberapa tahapan verifikasi terhadap pemenuhan unsur kelayakan secara administratif. Hal itu sesuai dengan aturan Pasal 69 PP 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. 

“Jalan ini sudah sangat rusak berat, jalannya turun. Sering terjadi kecelakaan. Selain itu, jalannya mengganggu aktivitas masyarakat sehingga sering terjadi kemacetan,” jelasnya.

Baca Juga: Menengok Jalan Rusak di Antang Raya Makassar yang Menunggu Perbaikan

3. Diperkirakan akan habiskan Rp17 miliar

Kabar Baik! Jalan Rusak di Antang Makassar akan Diperbaiki Tahun IniSpanduk bergambar wajah 6 legislator DPRD Sulsel terpajang di salah satu tepi ruas Jalan Antang Raya Makassar yang rusak Senin (30/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Rahman Pina yang juga Ketua Komisi D DPRD Sulsel menyatakan jalan rusak Antang akan dikerjakan tahun ini. Dia mengaku telah membahas hal itu bersama Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas, hari ini.

"Ia (Astina) menyampaikan baru saja merampungkan rapat dengan Kepala Inspektorat Sulsel dan BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah) Sulsel serta tim TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) arahan Gubernur Sulsel," demikian kata Rahman Pina dalam pernyataan tertulisnya. 

Dari hasil pembicaraannya dengan Hastina, mereka sepakat untuk menggunakan dana sisa tender tahun 2022 dengan kategori sangat mendesak. Pembangunan Jalan Antang Raya diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp17 miliar. Nilai itu sudah termasuk drainase dan menaikkan badan jalan sekitar 30 cm.

Dalam minggu ini pula, kata Rahman, tim dari Dinas PUTR akan merampungkan hitungan pembiayaan di lokasi mulai dari jembatan samping Pasar Antang hingga Jalan Ujung Bori. Tahun ini pula, pengerjaan akan langsung dieksekusi dengan sistem betonisasi. 

"Mohon maaf kepada seluruh warga Antang dan sekitarnya atas ketidaknyamanan ini. Mohon doa dan dukungannya, agar pembangunan jalan ini tidak ada kendala," kata Rahman.

Desakan perbaikan Jalan Raya Antang Makassar menjadi perhatian publik usai foto enam legislator yang berasal dari daerah pemilhan atau dapil 2 Sulawesi Selatan, dipajang di antara jalanan yang rusak berat.

Baca Juga: Foto 6 Legislator DPRD Sulsel Dipajang di Antara Jalan Rusak Antang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya