Jelang Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Pesan untuk Pj Gubernur

Salah satunya soal keberlangsungan pelayanan publik

Makassar, IDN Times - Masa jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman akan berakhir pada 5 September 2023. Sebulan jelang masa akhir jabatannya, Sudirman menyampaikan pesan khusus kepada siapa pun kelak yang jdi penjabat (Pj) gubernur.

Kepada Pj Gubernur Sulsel yang akan diputuskan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sudirman berharap sosok terpilih dapat melanjutkan beberapa program dan kebijakan yang telah berjalan semasa periodenya. Menurutnya, ada banyak pekerjaan rumah untuk Pj nantinya.

"Banyak sekali. Nantilah, itu ada buku catatannya yang nanti menjadi PR (pekerjaan rumah)," kata Sudirman, Minggu (6/8/2023).

Baca Juga: DPRD Sulsel Umumkan Secara Resmi Akhir Masa Jabatan Andi Sudirman

1. Sejumlah pesan Sudirman untuk Pj Gubernur

Jelang Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Pesan untuk Pj GubernurGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat sidang paripurna HUT ke-353 Sulsel di gedung DPRD Sulsel, Rabu (19/10/2022). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Dari sekian banyak pekerjaan rumah untuk Pj Gubernur Sulsel, Sudirman menitipkan kepada siapapun yang dipilih menjadi Pj agar melanjutkan keberlangsungan pelayanan publik. Selain itu, dia juga berharap Pj mengawal sistem pemerintahan di Sulsel agar tetap stabil dalam rangka pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi

"Kemudian bagaimana terkait masalah isu stunting, banyak sekali isu. Termasuk pada menghadapi pilpres yang lebih sejuk," katanya. 

2. Sudirman tidak inginkan kriteria khusus

Jelang Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Pesan untuk Pj GubernurGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Istimewa

Kini DPRD Sulsel sedang menggodok nama-nama calon Pj yang akan diajukan kepada Kemendagri pada 9 Agustus 2023 mendatang. DPRD Sulsel juga telah mengumumkan pengusulan pemberhentian Gubernur masa jabatan 2018-2023 pada rapat paripurna, Jumat 4 Agustus 2023 lalu.

Terkait hal ini, Sudirman menyerahkan sepenuhnya kepada DPRD. Dia tidak menginginkan kriteria khusus untuk calon Pj. Terpenting baginya adalah sosok Pj yang mampu mengawal pemerintahan Sulsel di masa transisi. Soal kriteria, biarlah itu menjadi urusan presiden.

"Tentu Bapak Presiden lebih paham yang mana menjadi kebutuhan Sulsel yang bisa mengawal Sulsel dalam masa proses peralihan secara efisien. Paling penting mengawal pilpres yang paling dekat dihadapi," kata Sudirman.

3. Masih tertutup soal rencana usai masa jabatan berakhir

Jelang Akhir Masa Jabatan, Andi Sudirman Titip Pesan untuk Pj GubernurGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Masa jabatan Sudirman memang kurang dari sebulan lagi, namun dia enggan membeberkan rencana ke depannya usai tak lagi menjadi Gubernur Sulsel, termasuk rencana politiknya. Untuk saat ini, dia hanya ingin fokus pada tugasnya sebagai Gubernur Sulsel.

"Berdoa kepada Allah saja. Artinya kita ini bekerja. Pekerjaan yang tepat fokus hari ini dan hari esok. Harus kita optimis, jangan pesimis," kata Sudirman. 

Baca Juga: Sudirman Tak Hadiri Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur Sulsel 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya