Intip Desain Renovasi Lapangan Karebosi, Ada Jogging Track Melayang

Pemkot menganggarkan Rp71 miliar untuk renovasi

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar akan merenovasi Lapangan Karebosi. Pemkot telah menyiapkan anggaran sekitar Rp71 miliar untuk renovasi total.

Angka itu telah disepakati dalam kontrak kerja multiyears. Pada 2023, proyek ini dialokasikan sebesar Rp50 miliar dan dilanjutkan pada 2024 sebesar Rp21 miliar. 

"Semua fasilitas di sana bakal direnovasi total, semuanya tersentuh renovasi. Termasuk area jogging track dengan konsep elevated," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kota Makassar, Andi Pattiware, dalam siaran pers, Kamis, (9/3/2023).

Baca Juga: Dari Karebosi ke Sudiang, Ini 5 Jogging Track di Makassar

1. Direncakan sejak tahun 2022

Intip Desain Renovasi Lapangan Karebosi, Ada Jogging Track MelayangDesain renovasi Lapangan Karebosi Makassar. (Dok. Diskominfo Makassar)

Renovasi total itu telah direncanakan sejak 2022. Namun karena pengerjaannya besar, Pemkot ingin benar-benar fokus dalam meminimalkan kekeliruan. Pasalnya, hal ini sedikit banyak bisa memperlambat laju renovasinya.

Dispora disebut sangat hati-hati terhadap adanya potensi masalah di masa depan. Karena itu, Dispora tak ingin terburu-buru memulainya. Pada 2022, Pemkot Makassar telah menyiapkan desain namun terkendala anggaran yang hanya Rp17 miliar. Nilai anggaran itu dianggap belum cukup. 

Anggarannya baru disepakati DPRD untuk 2023 sebesar Rp17 miliar untuk renovasi total. Sistem pengerjaannya multiyears atau dua tahun pengerjaan dari 2023 hingga 2024.

2. Beberapa fasilitas bakal ditambah

Intip Desain Renovasi Lapangan Karebosi, Ada Jogging Track MelayangPemerintah Kota Makassar merencanakan renovasi Lapangan Karebosi. (Dok. Diskominfo Makassar)

Desain Lapangan Karebosi dibuat berdasarkan arahan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Nantinya, lapangan yang menjadi ikon Kota Makassar itu akan dibuat menjadi wajah baru. 

Desainnya berbentuk angka 8 disertai konsep elevated atau layang. Dengan begitu, saat warga yang sedang joging akan menikmati Kota Makassar dari ketinggian.

Di bagian bawah lapangan juga akan direhabilitasi, mulai dari lapangan sepak bola, lapangan softball, penambahan beberapa lapangan mini soccer dan fasilitas pendukung terutama untuk pembinaan sepak bola usia dini.

Selanjutnya, Dispora akan membagikan beberapa gambar sehingga masyarakat dapat melihat langsung. Saat ini, berkas tender untuk proyek renovasi ini telah dimasukkan dalam Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkot Makassar. Selanjutnya, Pemkot hanya menunggu pemenang tender sebelum memulai pengerjaan kontruksi fisik.

"Sudah dalam proses tender, eksekusi tahun ini. Prosesnya masih di sana (ULP) tentunya teman-teman ULP akan memutuskan dengan baik siapa dan kapan dimulainya rehabilitasi," kata Pattiware.

3. Rencana dibangun tahun 2023

Intip Desain Renovasi Lapangan Karebosi, Ada Jogging Track MelayangPemkot Makassar merencanakan renovasi Stadion Karebosi di tahun 2023. (Dok. Diskominfo Makassar)

Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kota Makassar, Muh Dasysyara Dahyar, mengatakan konstruksi fisik akan dimulai tanpa ada potensi persoalan di kemudian hari. Pasalnya pihaknya tak ingin gegabah pula mengambil sikap. 

"Jadi sebelum pengerjaan fisik dilakukan, kami pastikan semua permasalahan yang ada diselesaikan dulu baru kemudian dimulai. Tetapi intinya tahun ini pembangunannya," ucapnya.

Pihak Dispora sadar betul bahwa Karebosi merupakan titik nol dan alun-alun Kota Makassar serta pusat pertemuan masyarakat bukan hanya aktivitas olahraga. Dengan begitu, wajah Kota Makassar ada dalam Karebosi.

Berkaitan dengan stadion, Pemkot Makassar menegaskan bahwa otoritas terhadap stadion merupakan tanggung jawab Pemprov Sulsel sehingga masyarakat diharapkan tidak selalu mengasosiasikan ketiadaan stadion dengan kebijakan Pemkot Makassar.

Baca Juga: Pemkot Makassar Revitalisasi Losari dan Karebosi Tahun Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya